Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Ziswaf / Formula, Program Aksi LAZ YPI Al Azhar untuk Gempa di Lombok
-
Tak kurang saat ini, LAZ YPI Al Azhar menampung 500 korban gempa dari 150 KK, yang tersebar di beberapa titik posko di Lombok.

Tak kurang saat ini, LAZ YPI Al Azhar menampung 500 korban gempa dari 150 KK, yang tersebar di beberapa titik posko di Lombok.

Sharianews.com, Jakarta. Lembaga Amil Zakat Yayasan Pendidikan Islam (LAZ YPI) Al Azhar membentuk program aksi bertemakan ‘Formula Tanggap Bencana LAZ YPI Alazhar’ untuk gempa di Lombok. Formula juga merupakan akronim dari food (Fo), religion (r), medical (m) utility (u), dan livelihood aims (la).

“Formula itu merupakan program kegiatan kami untuk membantu korban kebencanaan di manapun, khususnya di Lombok ini,”kata Rahmatullah Sidik, Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan LAZ YPI Al Azhar (18/8). 

Implementasi Aksi Formula di lapangan

Ia melanjutkan, implementasi aksi dari kata food berupa tindakan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan bagi para korban terdampak bencana. Sedangkan penerapan religion ialah melakukan pembetulan atau membangun rumah ibadah darurat seperti mushola dan semacamnya.

Sementara pelaksanaan medical adalah dengan mengirimkan para relawan medis termasuk dokter, perawat, serta bidan. Adapun pengejewantahan utility, yakni melakukan aksi pembuatan fasislitas pendukung seperti toilet umum, perbaikan atau pembuatan rumah, pengadaan air bersih, listrik dan air siap minum, dan lain sebagainya. Kemudian aplikasi livelihood aims ialah berbentuk memberikan dana sosial untuk usaha berkelanjutan.

Untuk melakukan aksi programnya, pihaknya menurunkan para relawan untuk bekerja sama dengan lembaga sosial lokal seperti Sahabat Peduli Lombok (SPL).

Para relawan ditempatkan di 28 titik lokasi berbeda yang tersebar di dua kabupaten, yaitu 27 posko berada di Kecamatan Bayan dan Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, serta satu posko lainnya diletakkan di Kecamatan Sembayun, Lombok Timur.

“Nah, para relawan SPL ini sebenarnya juga merupakan bagian dari korban bencana gempa Lombok itu sendiri. Rumah mereka juga hancur. Meski demikian, mereka tetap ikut membantu untuk saudara mereka yang menjadi korban lainnya di sana,”tambahnya.

LAZ YPI Al Azhar, juga menurunkan tim relawan ahli di beberapa titik lokasi gempa. Terdiri dari 13 relawan medis, 50 relawan untuk layanan dapur umum, 10 relawan untuk layanan kebutuhan pangan, dan 40 relawan untuk bantuan pemulihan infrastruktur. 

“Tak kurang saat ini, LAZ YPI Al Azhar menampung 500 korban gempa dari 150 KK, yang tersebar di beberapa titik posko di Lombok,"terangnya.

Bentuk Donasi Bantuan Melalui LAZ YPI Alazhar  

Untuk melaksanakan program ini, LAZ YPI Al Azhar, membuka program donasi bantuan melalui dua cara; melalui penghimpunan dana, dan bantuan langusung barang seperti seperti tenda, kebutuhan logsitik, dan semacamnya.

“Pengumpulan donasi dilakukan melalui masjid-masjid, sekolah-sekolah mau pun layanan di kantor Al Azhar. Umumnya, masyarakat yang datang langsung ke kantor LAZ YPI Al Azhar,” lanjutnya.

Meski begitu, LAZ YPI Alazhar tidak menargetkan besaran donasi dari masyarakat. Pihaknya lebih fokus pada implementasi program-progamnya di tempat kejadian bencana.

Sebagai contoh, program untuk bencana di Lombok saat ini pihaknya, menargetkan 50 posko bantuan dengan kapasitas daya tampuk sekira 1000 warga korban bencana di setiap poskonya.

Hingga saat ini, ujar sidik, LAS YPI Al Azhar, telah  menyalurkan bantuan donasi dari masyarakat 50 persen untuk program emergency, sedangkan  yang terserap untuk perbaikan atau pembuatan rumah sudah menghabiskan di atas Rp 1 miliar,”terangnya.

Untuak mensosialisasikan progam yang sedang dijalankannya ini,  LAZ YPI Alazhar menggunakan beberapa elemen. Antara lain, menggunakan publikasi di media daring (online); media sosial dan website resmi serta  melalui media pengumuman jalanan seperti memasang spanduk, membagi-bagikan brosur, dan lain-lain. (*)

Reporter : Emha S. Asror Editor : Ahmad Kholil