Sabtu, 4 Februari 2023
14 Rajab 1444 H
Home / Global / Forbes: Tiga Bank Syariah Indonesia Masuk Daftar 500 Bank Terbaik Dunia
Foto dok. Forbes
Dari daftar 20 bank nasional yang masuk jajaran bank terbaik dunia, tiga diantaranya merupakan bank syariah

Sharianews.com, Forbes mengumumkan bank terbaik di dunia (World’s Best Banks 2021). Sekitar 500 bank di seluruh dunia masuk seleksi konsumen sebagai bank terbaik dunia dimana Indonesia menempatkan 20 bank dalam daftar tersebut,

Dari daftar 20 bank nasional yang masuk jajaran bank terbaik dunia, tiga diantaranya merupakan bank syariah, yakni Bank Syariah Indonesia, BCA Syariah, dan Bank Muamalat.

Mengutip situs Forbes, (31/05) penyusunan daftar The World’s Best Banks menggandeng Statista dan penyematan mengacu pada hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 43 ribu konsumen yang mewakili 28 negara di seluruh dunia untuk menanyakan pendapat mereka tentang bank yang dipilih.

Peserta survei diminta untuk menyebutkan semua bank tempat mereka memiliki atau sebelumnya memiliki rekening giro atau tabungan dan peserta harus menilai bank berdasarkan berbagai kriteria evaluasi.

Bank dinilai berdasarkan rekomendasi dan kepuasan keseluruhan, serta lima subdimensi yakni kepercayaan, syarat dan ketentuan, layanan pelanggan, layanan digital dan nasihat keuangan.

Adapun tiga bank syariah yang masuk daftar jajaran bank terbaik dunia adalah:

 

1. Bank Syariah Indonesia

Kantor Pusat: Jakarta

Asal Negara: Indonesia

Jumlah Pekerja: 20 ribu

 

2. BCA Syariah

Kantor Pusat: Jakarta

Asal Negara: Indonesia

Jumlah Pekerja: 525

 

3. Bank Muamalat

Kantor Pusat: Jakarta

Asal Negara: Indonesia

Jumlah Pekerja: 3.260

 

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, masuknya perseroan dalam salah satu bank terbaik dunia oleh Forbes merupakan sebuah pencapaian besar mengingat standar penilaiannya yang tinggi dan ketat. Selain itu, bank-bank lain yang masuk dalam daftar tersebut merupakan bank besar dengan reputasi yang tak kalah hebat.

“Capaian ini tak lepas dari kerja keras seluruh manajemen dan karyawan Bank Muamalat. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya nasabah kami yang senantiasa loyal dan mendukung Bank Muamalat sehingga kami berhasil masuk dalam daftar bergengsi ini,” ujarnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman