Sabtu, 21 September 2019
22 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Fitur yang Membedakan Fintek Syariah dan Konvensional
Fintek syariah memiliki fitur keunggulan untuk berkembang melampaui fintek konvensional yakni dari sisi sosial.

Sharianews.com, Jakarta ~ Fintek syariah memiliki keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh fintek konvensional. Demikian disampaikan Chief Executive Officer PT Alami Fintek Sharia, Dima Djani.

Dima menyampaikan, dalam industri fintek konvensional, mayoritas fitur yang disajikan merupakan produk keuangan. Namun, fintek syariah memiliki fitur keunggulan untuk berkembang melampaui fintek konvensional yakni dari sisi sosial.

“Misalnya, sedekah, infak, dan wakaf. Ini kegunaanya sosial, tapi sebenarnya bisa membangun ekonomi juga,” jelasnya menegaskan, dalam acara Fintech Talk Ramadhan Edition with Aftech and AFSI bertajuk “The Role of Fintech Sharia in Supporting Indonesia’s Digital Economy, di Jakarta, Selasa (22/5).

Lebih lanjut, Dima menambahkan, fitur sosial seperti tersebut dalam fintek konvensional tidak terlalu dikembangkan, meskipun terdapat charity based, crwodfunding, dan beragam fitur lainnya. Sementara, dalam skema syariah, fitur tersebut sangat berkaitan erat.

Pada kesempatan yang sama, Dima juga mengingatkan pentingnya untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah di Indonesia. Literasi itu sudah harus disuguhkan sejak dini.

Meskipun Indonesia mayoritas penduduk Muslim, Dima mengakui literasi mengenai ekonomi syariah masih sangat rendah. Dengan meningkatnya literasi ini, diharapkan akan berdampak bagi perkembangan ekonomi syariah. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo