Senin, 23 September 2019
24 Muḥarram 1441 H
Home / Ziswaf / Enam Capaian Ini yang Sukses Dilakukan Baznas
FOTO / Dok. baznas
"Pertama, yaitu berhasil meningkatkan penghasilan mustahik rata-rata sebesar 97,88 persen, atau mendekati 100 persen," ujar Bambang

Sharianews.com, Surakarta ~ Ketua Baznas Republik Indonesia, Bambang Sudibyo menyampaikan 6 capaian yang telah sukses dilaksanakan pada acara Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2019 di Solo, Jawa tengah.

"Pertama, yaitu berhasil meningkatkan penghasilan mustahik rata-rata sebesar 97,88 persen, atau mendekati 100 persen," ujar Bambang ketika press conference, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (4/3).

Bambang menambahkan, capaian yang kedua adalah secara signifikan berhasil memperbaiki kesejahteraan ekonomi mustahik, serta kesejahteraan spiritual (keislaman) mustahik, tingkat pendidikan, kesehatan mustahik dan kemandirian ekonomi mustahik.

Ketiga, berhasil mengentaskan 28 persen mustahik dari garis kemiskinan versi Badan Pusat Statistik (BPS).

Keempat, bisa memperpendek 3,68 tahun dari waktu yang diperlukan untuk mengentaskan mustahik dari garis kemiskinan versi BPS.

"Yang berarti jika tanpa zakat, waktu pengentasan kemiskinan menjadi 3,68 tahun lebih lambat," sambung Bambang.

Kelima, sukses meningkatkan penghasilan mustahik hingga melampaui garis Kebutuhan Pokok Minimal (had kifayah) kepada 36 persen mustahik.

Keenam, Baznas berhasil meningkatkan penghasilan 26 persen mustahik hingga melampaui garis nisab zakat, dengan standar nisab emas dan 23 persen mustahik dengan standar nisab beras.

“Bisa disimpulkan, dengan demikian, bahwa multiefek (multiplier effect) dari pendistribusian dan pendayagunaan zakat sangat besar. Efek tersebut akan semakin membesar sebanding dengan besarnya jumlah zakat yang didistribusikan dan didayagunakan. Karena itu, menjadi sangat penting untuk memperbesar jumlah zakat yang dikumpulkan,” kata mantan Menteri Pendidikan Nasional ini. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo