Sabtu, 20 April 2019
15 Sha‘ban 1440 H
Irwan Abdalloh, penulis buku Pasar Modal Syariah saat peluncuran buku di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/1/2019)
Buku ini ditulis dengan metode yang sedikit berbeda. Ada pendekatan teoritis, tetapi tidak disertai dengan penyebutan referensi yang detil.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Elex Media Komputindo dalam rangka memberikan referensi kepada masyarakat, menerbitkan buku berjudul Pasar Modal Syariah yang ditulis oleh Head of Islamic Capital Market Division at Indonesia Stock Exchange, Irwan Abdalloh.

Irwan mengatakan target pasar utama buku yang diluncurkan di Gedung Bursa Efek, Jakarta, Sabtu (9/2) ini, adalah kalangan milenial atau kelompok produktif. "Pasarnya milenial, tapi di dalam pasar modal dikenal dengan kelompok produktif," jelas Irwan.

Irwan berseloroh penyebutan milenial terkesan kurang produktif, sedangkan investasi itu menghasilkan.

Buku ini dibuat, berawal dari keresahannya saat ia terjun ke dalam ekonomi syariah pada 2002. Saat itu sulit mencari referensi buku terkait ekonomi syariah.

Kemudian adanya permintaan dari praktisi besar untuk membuat buku. "Karena provokasi, belum ada buku pasar modal syariah," imbuh dia.

Begitu juga berkaitan dengan munculnya pasar modal syariah di Indonesia. Pertanyaan terkait buku-buku pasar modal syariah datang kepadanya. Terbitnya buku tersebut juga bisa membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian, seperti skripsi.

PT Elex Media Komputindo sendiri, kerap kali menerbitkan buku-buku investasi, tetapi belum sekalipun terkait dengan pasar modal syariah.

Arif Subagyo dari PT Elex Media Komputindo mengakui masih asing dengan pasar modal syariah. Maka dari itu, sebagai penerbit ia merasa bersyukur bisa memunculkan sesuatu yang baru. "Terima kasih sebagai publishing dilibatkan dalam pasar modal ini," ujar Arif.

Ada dua hal yang perlu digarisbawahi dari buku ini, pertama tentang penggunaan kata Islam dan syariah yang selalu dibaurkan, dan kedua tentang metodologi penulisan yang mengombinasikan antara pendekatan teori, praktik, dan pemaparan yang lebih populer.

Buku ini ditulis dengan metode yang sedikit berbeda. Ada pendekatan teoritis, tetapi tidak disertai dengan penyebutan referensi yang detil.

Ada penjelasan praktik, tetapi sangat sedikit menyebutkan rujukan regulasinya. Sejatinya, buku ini bukan termasuk buku teks, tetapi tidak juga dikategorikan sebagai buku populer.

Buku ini disiapkan untuk bisa menjadi gerbang pertama dalam memahami pasar modal Islam di Indonesia secara lengkap dengan pendekatan yang membumi.

Penulis Irwan Abdalloh dikenal sebagai konseptor Sekolah Pasar Modal Syariah dan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Cambridge Islamic Finance Leadership Award 2017. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo