Selasa, 17 September 2019
18 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Ekonomi Syariah Perlu Dukungan Semua Elemen
Banyak nilai plus yang terdapat dalam ekonomi syariah. Salah satunya adalah peruntukan pembiayaan industri harus sesuai dengan nilai-nilai syariah dan halal.

Sharianews.com, Jakarta. Ekonomi syariah terus diupayakan pertumbuhannya, untuk itu, dibutuhkan dorongan dari berbagai elemen agar tumbuh dengan baik.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, BCA Syariah kerap kali mengupayakan bagaimana mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi syariah. Ekonomi syariah tidak bisa berjalan hanya dengan mengandalkan dari satu elemen. Semua harus besinergi.

 “Saya sudah melihat titik-titik terangnya, melalui produk halal misalnya, ada travel, wisata, makanan, hotel juga, lalu juga dari sisi keuangan. Ini bisa kita optimalkan,” jelas John, di Jakarta (24/10/2018)

Kemudian, melalui wakaf. Saat ini, wakaf sudah mulai berinvestasi ke dalam sektor riil. Harus didorong supaya pertumbuhannya bisa lebih cepat.

Upaya menumbuhkan ekonomi syariah juga harus didukung dengan literasi yang baik. Menurut John, banyak orang Islam sendiri yang belum memahami konsep ekonomi syariah. Hal ini disebabkan belum tersosialisasinya literasi dengan baik.

“Semua elemen harus didorong, tidak boleh berhenti. Maka dari itu, BCA Syariah terus mencoba untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat serta nasabah,” kata John.

John menjelaskan, BCA Syariah sering melakukan sosialisasi dengan nasabahnya. Karena nasabah belum memahami sepenuhnya skema ekonomi syariah. Ia mengilustrasikan, banyak nasabah yang belum paham dengan akad-akad yang ada dalam ekonomi syariah, apa artinya ijarah, musyarakah, mudarabah dan bagaimana implementasinya.

Harus dijelaskan, skemanya bagi hasil misalnya. Jangan menimbulkan persepsi lain, seperti berbagi keuntungan. “Orang kan bingung untungnya dibagi, jadi bagaimana hitungannya, ini harus dijelaskan. Makanya, tak kenal maka tak sayang,” tutur John.

Ia menambahkan, BCA Syariah berusaha menjelaskan, apa itu yang namanya ijarah. Pencatatan asetnya seperti apa. Karena perhitungannya juga beda.

Banyak nilai plus yang terdapat dalam ekonomi syariah. Salah satunya adalah peruntukan pembiayaan industri harus sesuai dengan nilai-nilai syariah dan halal.

“Untuk masuk ke sektor industri, tidak bisa sembarangan, tidak semua industri kita ambil. Prosesnya harus benar, bahan baku industrinya juga tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan. Harus bisa memberikan kemaslahatan bagi banyak orang. Bukan bertujuan untuk menimbun keuntungan sendiri. Selain itu, tidak mengandung unsur-unsur maisir” katanya menegaskan. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo