Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Keuangan / Ekonom: Holding BUMN Ultra Mikro Dapat Membawa Dampak Langsung
Foto dok. Pexels
Diharapkan dapat efektif mendorong pengembangan UMKM

Sharianews.com, Jakarta - Rencana pembentukan integrasi (holding) BUMN untuk usaha Ultra Mikro (UMi) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membawa dampak langsung terhadap kemajuan pelaku usaha mikro dan kecil.

Menurut Ekonom Universitas Indonesia (UI) Ninasapti Triaswati mengatakan integrasi ini dipercaya bisa menjawab kebutuhan pelaku usaha UMi dan UMKM akan akses pembiayaan yang mudah dan murah.

"Rencana strategis, program dan implementasinya dalam holding BUMN tersebut diharapkan dapat efektif mendorong pengembangan UMKM,” jelasnya menegaskan, Senin (23/02).

Integrasi BUMN untuk UMi dan UMKM bertujuan untuk mendukung visi pemerintah dalam memberdayakan usaha UMi, mempercepat laju inklusi keuangan, pembiayaan berkelanjutan, serta menyasar 57 juta pelaku usaha UMi yang mayoritas belum tersentuh layanan perbankan.

Saat ini, dari 57 juta pelaku usaha UMi, masih ada 30 juta di antaranya yang belum memiliki akses ke sumber pendanaan formal. Mereka selama ini kerap mendapat fasilitas serta produk keuangan informal, bahkan tak jarang terjerat oleh para lintah darat.

Integrasi ekosistem pembiayaan untuk UMi dan UMKM ditargetkan bisa menaikkan jumlah nasabah pelaku usaha kecil yang terlayani lembaga keuangan formal dari semula sebanyak 15 juta menjadi 29 juta orang pada 2024 mendatang.

Selain itu, integrasi ini menargetkan penurunan rasio pelaku usaha UMi yang tidak terlayani lembaga keuangan formal dari 68 persen pada 2018 menjadi 42 persen pada 2024.

Rep. Aldiansyah Nurrahman