Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Ekbis / Dubai Islamic Bank Berencana Akuisisi Noor Bank
Dubai Islamic Bank (foto/dok) reuters
Lembaga keuangan Islam mandiri terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) tersebut menjelaskan bahwa untuk operasional Noor Bank yang sesuai syariah akan diintegrasikan dan digabungkan dengan DIB.

Sharianews.com, Dubai. Dubai Islamic Bank menguraikan rencana untuk mengakuisisi Noor Bank, gabungan aset tersebut mencapai hampir 275 milyar dirham. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah pernyataan lewat keterangan tertulis, Senin (10/6)

Lembaga keuangan Islam mandiri terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) tersebut menjelaskan bahwa untuk operasional Noor Bank yang sesuai syariah akan diintegrasikan dan digabungkan dengan DIB.

"Nilai aktiva pasca-akuisisi akan mencapai hampir 275 milyar dirham atau sekitar 75 milyar dolar AS," tulis keterangan DIB seperti dilansir dari laman Salaam Gateaway.

Sekitar 80 persen dari dasar aset yang datang dari DIB, memegang senilai 226,5 milyar dirham atau sekitar 61,7 milyar dolar AS aset pada tanggal 31 Maret.

Sebagai perbandingan, bank terbesar UEA, First Abu Dhabi Bank, memegang 733 milyar dirham dalam aset pada kuartal pertama tahun 2019. Bank ini dibentuk menyusul penggabungan Bank Nasional Abu Dhabi dan First Gulf Bank pada tahun 2017 lalu.

DIB melanjutkan dalam keterangannya, hal ini merupakan bentuk 'skala dan ukuran terbaru' ketika dikombinasikan dengan Noor Bank memungkinkan DIB untuk mempercepat strateginya untuk menghubungkan titik dari Timur jauh, sub-benua, dan Afrika Timur dengan Dubai.

Saat ini, DIB beroperasi di pelbagai negara seperti di Kenya, Pakistan, Indonesia dan memegang saham di Bank of Khartoum. Keuntungan DIB pada tahun 2018, melewati 5 milyar dirham untuk mencapai 5,4 milyar dirham.

UEA saat ini memiliki enam bank syariah yakni DIB, Muslim Emirates, Noor Bank, Abu Dhabi Islamic Bank, Sharjah Islamic Bank, dan Ajman Bank.

Diambil dari pusat data bank, kepatuhan bank syariah terus mengalami pertumbuhan sebesar 17,3 persen dari total aset perbankan di 2013, berlanjut di level 18,9 persen tahun 2015 dan 20,6 persen pada bulan Juni 2018. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo