Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / DSN-MUI Berencana Buat 19 Fatwa Baru
Sekretaris DSN-MUI, Anwar Abbas mengatakan, DSN-MUI sudah membuat program di tahun 2019 ini. Setidaknya, DSN-MUI sudah merencanakan pembahasan 19 draft fatwa.

Sharianews.com, Jakarta ~ Sampai dengan akhir tahun 2018, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) telah mengeluarkan 125 fatwa. Tahun ini, DSN-MUI juga akan menerbitkan beberapa fatwa, terkait kerja sama dengan berbagai secktor industri.

Sekretaris DSN-MUI, Anwar Abbas mengatakan, DSN-MUI sudah membuat program di tahun 2019 ini. Setidaknya, DSN-MUI sudah merencanakan pembahasan 19 draft fatwa.

“Ada 19 draft fatwa lagi yang akan kami selesaikan. Dengan rincian: bidang perbankan ada tujuh fatwa, bidang pasar modal ada enam fatwa, bidang IKNB (Industri Keuangan Non-Bank) ada lima fatwa, dan satu fatwa di bidang lain,” jelasnya menegaskan, di Jakarta, Senin (1/4).

Anwar mengakui, 19 draft yang direncanakan merupakan tantangan yang cukup berat. Mengingat, selain menerbitkan fatwa, DSN-MUI juga mempunyai tugas lain, yakni menerbitkan pernyataan kesesuaian syariah yang dimintakan oleh industri dan regulator. Serta tugas-tugas lain seperti rekomendasi syariah, dan sertifikasi lembaga bisnis syariah.

Namun demikian, dengan banyaknya tugas yang diemban oleh DSN-MUI saat ini, Anwar berharap, semuanya bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, Anwar juga menginformasikan, sejak tahun 2017, MUI telah menajalankan sistem ISO. Ini berarti, setiap program dan proses yang ada di lingkungan MUI, harus terencana, bisa dimonitor, serta bisa diaudit.

“Agar semuanya terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, mudah-mudahan dengan sistem ISO ini kami berharap, tugas dan fungsi DSN-MUI ke depan, dapat berjalan lebih baik lagi,” tutur Anwar.

Dengan demikian, kerja sama DSN-MUI dengan berbagai pihak, termasuk salah satunya dengan PT Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) dalam pemberian fatwa DSN-MUI nomor 124/DSN-MUI/Xl/2018 terkait Proses Bisnis Atas Layanan Jasa KSEI, bisa terlaksana dengan baik. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo