Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ekbis / Dorong SDM di Bidang Arbitrase Syariah, Basyarnas MUI Selenggarakan Pelatihan Calon Arbiter Syariah
Foto dok. Istimewa
Dalam upaya menyiapkan SDM yang kompeten dan profesional di bidang arbitrase Syariah

Sharianews.com, Jakarta - Penyelesaian sengketa melalui pengadilan agama untuk perkara ekonomi syariah merupakan hal umum yang dipilih para pencari keadilan. Namun, pengadilan agama bukanlah satu-satunya lembaga penyelesaian sengketa.

Ada beberapa mekanisme penyelesaian yang dapat ditempuh para pihak salah satunya dengan memilih jalan Arbitrase di Badan Arbitrase Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (Basyarnas MUI) dengan segala kelebihannya dibanding dengan pengadilan agama.

Untuk merespon hal itu, Wakil Ketua Umum MUI Basri Bermanda mengatakan Basyarnas MUI Pusat menyelenggarakan pelatihan calon arbiter syariah untuk memberikan akses keadilan masyarakat di luar pengadilan. Inisiasi ini dilakukan karena kebutuhan Arbiter sangat mendesak,

“Dalam upaya menyiapkan SDM yang kompeten dan profesional di bidang arbitrase Syariah, Basyarnas MUI memandang penting untuk menyelenggarakan pelatihan yang akan menyiapkan arbiter-arbiter syariah yang handal” ujar Basri, dalam keterangan tertulis yang diterima Sharianews.com, Selasa (03/08).

Kegiatan ini dibuka secara resmi sekaligus dimulai perdana pada 24 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021 dan dilaksanakan selama empat kali pertemuan setiap Sabtu. Acara ini terbatas hanya diikuti oleh pengurus Basyarnas MUI Pusat dan Perwakilan Basyarnas di daerah.

“Pelatihan ini adalah yang perdana dan pesertanya hanya dari kalangan Basyarnas MUI Pusat dan Daerah yang berjumlah sekitar 50 orang.” ujar Wakil Ketua Basyarnas MUI Pusat Azharuddin Lathif.

Untuk memberikan kompetensi yang baik, Basyarnas mendatangkan narasumber baik dari kalangan praktisi; Arbiter, Advokat maupun akademisi yang pakar di bidangnya.

Tercatat narasumber tersebut diantaranya: Achmad Djauhari (Arbiter), Mohammad Hoessein (Advokat), Said Mundji (Hakim), Zaenal Arifin Hossein (Akademisi), Chandra Boy Seroza (Hakim), Jaih Mubarok (Akademisi/DPS), M. Ikhwan Abidin (Praktisi Keuangan Syariah), Asep Supyadillah (Akademisi), Hasanudin (Akademisi/DPS) dan Azharuddin Lathif (Akademisi/DPS).

“Harapan dari pelatihan ini adalah memberikan dasar-dasar pengetahuan profesi Arbiter Syariah sehingga dapat memberikan layanan keadilan bagi masyarakat yang ingin menyelesaikan sengketanya di luar pengadilan”, pungkas Ketua Basyarnas MUI Pusat Zainal Arifin Hossein. 

Rep. Aldiansyah Nurrahman