Sabtu, 4 Februari 2023
14 Rajab 1444 H
Home / Ziswaf / Dompet Dhuafa Targetkan 52 Ribu Hewan Kurban
Foto dok. Istimewa
Distribusi hewan kurban menjadi sangat penting.

Sharianews.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 belum usai yang turut membawa dampak lesunya ekonomi. Pandemi ini menambah jumlah kemiskinan.

Justru dengan keadaan di tengah pandemi, menurut Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa Bambang Suherman mengatakan distribusi hewan kurban menjadi sangat penting.

Distribusi hewan kurban harus lebih banyak secara volume dan sebaran wilayahnya, agar semakin banyak masyarakat terdampak pandemi dapat terbantu. Untuk target Dompet Dhuafa lebih dari 52 ribu ekor setara doka di 2021.

“Dengan pertimbangan unit produksi, bisa kita pastikan berjalan, semua ini bisa berjalan dengan antusiasme pekurban dan mengajak pekurban dalam pendistribusian kurban. Maka kolaborasi kecil ini diharapkan  membantu masyarakat yang jatuh akibat pandemi,” ujarnya, dalam diskusi virtual, Rabu (23/06).

Dompet Dhuafa mengusung nilai-nilai kemanusiaan, tanpa ada sekat-sekat demografi maupun geografi. Bahwa keterlibatan Dompet Dhuafa dalam pengelolaan distribusi kurban proporsi sangat kecil, karena kemampuan kelembagaan dan ruang partisipasi simbolik substansial.

“Kita harus membantu meringankan saudara-saudara kita di luar negeri. Baik dalam negeri kita bisa menyuplai di luar negeri, sebagai wujud meringankan saudara-saudara kita. Bisa mendapatkan suplai bantuan, meskipun tidak terlalu lama,” jelas Bambang.

Dompet Dhuafa memastikan dalam penerapan kurban melalui aspek protokol kesehatan. Baik dari pekerja kurban hingga pendistribusian tetap dijaga secara kesehatan sehingga hewan kurban tetap aman.

Sementara Sugeng Sri Widodo, selaku GM Pemberdayaan dan Pengembangan Zakat Dompet Dhuafa mengatakan, ada sebelas sentra ternak tersebar di seluruh Indonesia yang menyuplai 13.064 setara doka.

“Di sisi lain keberadaan sentra ternak melibatkan para mustahik maupun masyarakat sekitar dalam upaya mendongkrak  potensi masyarakat desa dengan pola pendampingan dan pelatihan,” ujar Sri Widodo.

Selain itu pengadaan stok hewan kurban juga didukung oleh partisipasi para mitra yang meliputi dari Aceh hingga Papua. Dengan ketersediaan stok dari 38.936 ekor hewan kurban setara doka.

Rep. Aldiansyah Nurrahman