Kamis, 6 Agustus 2020
17 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Keuangan / Dompet Dhuafa Himpun Dana Rp300 Miliar
Salah satu cara yang akan dilakukan Dompet Dhuafa untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggelar acara bertaraf nasional.

Sharianews.com, Jakarta ~ Dompet Dhuafa menargetkan menghimpun dana hingga Rp450miliar hingga akhir 2019. Target tersebut lebih tinggi Rp150miliar dibandingkan pencapaian tahun lalu yang mencapai Rp300miliar. 

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan menjelaskan, dana yang dihimpun berasal dari zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Dari Januari hingga Oktober 2019 Dompet Dhuafa telah menghimpun dana sekitar Rp300miliar. 

"90 persen sudah tersalurkan ke program ekonomi penerima zakat. Seperti budidaya kerang hijau," katanya, di sela acara Indonesia Poverty Outlook 2020, di Jakarta, Senin (9/12). 

Lebih jauh, ia mengungkapkan, salah satu cara yang akan dilakukan Dompet Dhuafa untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggelar acara bertaraf nasional, Humanesia pada akhir tahun ini.

Dompet Dhuafa sendiri terus berupa agar keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi pengentasan kemiskinan. 

Seperti yang dikatakan, Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi menyatakan, selama 26 tahun berdiri Dompet Dhuafa melihat pengentasan kemiskinan harus berfokus pada pemberdayaan orang miskin atau kaum duafa. Untuk itu, perlu debirotikrasi, efisiensi dan kemandirian. 

Dompet Dhuafa dalam menerapkan kegiatannya melakukan profetik filantropreneur (prophetic philanthropreneur) yang dijabarkan dalam prophetic socio-technopreneurship (wirausaha sosial profetik) untuk memutus lima lingkaran kemiskinan. 

"Salah satunya dengan program Dari Desa, Demi Desa yang merupakan percikan gagasan untuk memakmurkan desa, tempat bermukim mayoritas orang miskin di Indonesia (Prawacana Desa Development Index),” pungkas Parni. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo