Rabu, 20 November 2019
23 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Ziswaf / Dompet Dhuafa Gelar Upacara Kemerdekaan Pertama di Ronting
Foto/dok.dompetdhuafa
Upacara tersebut menjadi hari bersejarah, karena merupakan upacara kemerdekaan pertama bagi masyarakat Kampung Ronting.

Sharianews.com, Jakarta ~ Inisiator, Pendiri dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi melaksanakan upacara kemerdekaan RI di pesisir Pantai Ronting.

Upacara tersebut menjadi hari bersejarah, karena merupakan upacara kemerdekaan pertama bagi masyarakat Kampung Ronting.

Dalam amanatnya, Parni Hadi mengatakan bahwa Indonesia harus terus berjuang melawan penjajahan kemiskinan. "Berkat rahmat Allah Indonesia sudah merdeka dari penjajahan bangsa lain, tetapi sampai saat ini Indonesia masih harus berjuang agar terbebas dari penjajahan kemiskinan," katanya seperti dalam keterangan tertulis, Senin (19/8).

Setelah upacara kemerdekaan berakhir, dilanjutkan dengan peresmian Masjid Al Istiqomah Ronting bersama warga. Masjid ini berhasil dibangun kembali oleh Dompet Dhuafa pada tahun 2018 ini dengan bantuan donatur dan swadaya masyakat.

Acara diresmikan dengan prosesi gunting pita dan penandatanganan prasasti, Parni Hadi mengajak masyarakat yang ikut meresmikan masjid mengacungkan tangan dan mengikuti gerakan beliau bersama-sama.

Parni Hadi berpesan agar warga Ronting ikut membantu dalam menjaga dan memakmurkan masjid yang telah dibangun. "Saya mengajak untuk bersama-sama menjaga, dan memakmurkan masjid, baik jemaahnya, lingkungannya maupun tamu yang berkunjung ke rumah Allah Swt ini," ajak Parni.

Acara peresmian diakhiri dengan ramah tamah, sujud syukur dan doa bersama dengan warga di dalam masjid.

Zulfakar, pemuda asal Ronting mengungkapkan upacara kemerdekaan ini merupakan upacara pertama di kampungnya. "Ini kali pertama warga Ronting mengikuti upacara, tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada" ujar Fakar. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo