Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Ziswaf / Dompet Dhuafa dan KPP Gresik Luncurkan ATM Beras
Bupati Gresik sedang memberikan beras kepada warga lewat ATM beras. FOTO/Dok.dompetdhuafa

Sharianews.com, GresikBerbagai cara bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan penerima manfaat hingga mengentaskan kemiskinan yang terdapat di wilayah Gresik.

Dompet Dhuafa yang bekerja sama dengan Kantor Pratama Pajak (KPP) Gresik menghadirkan layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras.

Peresmian ATM beras dihadiri oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto serta kepala KPP Gresik dan Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur di KPP Gresik, Jawa Timur.

“ATM Beras ini sangat keren dan memudahkan masyarakat dhuafa dalam mendapatkan bantuan tanpa harus antri dan berebut. Ini sangat luar biasa," ucap Dr.Ir.H Sambari Halim Radianto ST. Msi seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Sharianews, Senin (15/3).

Bupati juga berharap, program tersebut bisa menjadi program yang berkelanjutan.

"Semoga ini sebagai program awal yang nantinya akan berkelanjutan dan juga melahirkan program-program lainnya." sambungnya.

Layaknya mengambil uang dari ATM, masyarakat miskin yang telah diverifikasi dapat mengambil beras secara cuma-cuma dengan menggunakan kartu peserta.

Program ini merupakan inovasi kerja sama Dompet Dhuafa jawa timur dalam memberikan kemudahan pelayanan masyarakat miskin. Dengan mesin, maka penyaluran sumbangan dari para donatur lebih mudah, efisien, dan tepat sasaran.

“Jelang Ramadan serta dengan semangat jangan takut berbagi, ATM Beras tersebut diharapkan dapat meringankan masyarakat dhuafa di tengah beberapa harga sembako yang akan cenderung naik menjelang Ramadan nanti," ujar Kholid Abdillah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur.

ATM Beras ini merupakan pelayanan pemberian beras dengan cara yang tidak merendahkan mustahik. Para mustahik diberikan kartu untuk mengambil beras setiap Jumat. Setiap kepala keluarga Mendapatkan jatah 2 kg. Targetnya nanti ada sekitar seratus orang di sekitar Gresik yang mendapatkan bantuan tersebut.

Inovasi ATM Beras dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar yang semakin sulit dijangkau akibat kenaikan harga beras terutama menjelang Ramadan yang biasanya beberapa bahan pokok melonjak naik. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo