Rabu, 21 Agustus 2019
20 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Ziswaf / Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Kelola Sampah Sahur dan Buka
Foto/dok.dompetdhuafa
Harapannya bu-ibu dapat menjadi bagian dari gerakan untuk pengurangan sampah dengan cara mengolah sampah-sampah sisa aktivitas rumah tangga untuk dijadikan kompos

Sharianews.com, Tangerang. Tidak terasa, sampai dengan hari ini, puasa Ramadan sudah memasuki minggu kedua, berbagai aktivitas sosial banyak dilakukan setiap umat manusia, tidak terkecuali Dompet Dhuafa melalui program Semesta Hijau.

“Harapan kami Ibu-ibu dapat menjadi bagian dari gerakan untuk pengurangan sampah dengan cara mengolah sampah-sampah sisa aktivitas rumah tangga untuk dijadikan kompos, dan dengan diadakannya acara ini peserta workshop akan dapat mandiri mengelola sampah rumah tangganya masing-masing, menambah ilmu dan pahala beraktivitas yang baik dalam bulan Ramadan," ucap Syamsul Ardiansyah Manager Program Lingkungan Dompet Dhuafa melalui keterangan tertulis yang diterima sharianews, Selasa (21/5).

Setiap hari sampah-sampah organik sisa aktivitas rumah tangga biasanya menumpuk atau hanya dibuang begitu saja dan tidak dikelola. Terlebih di bulan Ramadan, sampah-sampah tersebut meningkat drastis, karena meningkatnya kosumsi makanan dan minuman waktu berbuka dan sahur.

Melihat hal tersebut Dompet Dhuafa melalui program Semesta Hijaunya mengadakan Workshop Pembuatan Kompos sampah yang bertujuan untuk mengurangi sampah akibat makanan berlebih di bulan Ramadan serta memanfaatkan sampah makanan menjadi kompos.

Melalui pelatihan ini para peserta diajarkan bagaimana cara memilah dan mengolah sampah tersebut menjadi produk pupuk kompos

Workshop pembuatan kompos ini melibatkan sebanyak 35 Ibu-Ibu yang tergabung dalam Birth Club 2016 serta tidak ketinggalan anak-anak juga ikut berpartipasi dalam acara ini.

Harapannya dengan diadakannya acara ini peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat guna untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah sisa makanan minimal di lingkungan keluarga masing-masing. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo