Sabtu, 28 November 2020
13 Rabi‘ at-akhir 1442 H
Home / Ekbis / Data Kemenkop UKM: Omzet UMKM Naik 8,53 Persen dengan Sertifikasi Halal
Foto dok. Pexels
Direspon oleh publik dan memang sertifikasi halal ini dibutuhkan

Sharianews.com, Jakarta - Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mencatat selama 2014-2019, dalam memfasilitasi produk halal terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hasil survei sangat menggembirakan.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ia mengungkapkan ketika mendapatkan sertifikasi halal, omzet usahanya naik rata-rata sebesar 8,53 persen.

“Jadi ini direspon oleh publik dan memang sertifikasi halal ini dibutuhkan,” jelasnya menegaskan, dalam Peluncuran Program Pelatihan dan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal bagi UMKM, Selasa (20/10).

Lebih lanjut, Teten menambahkan hal penting untuk UMKM tidak hanya fasilitasi sertifikasi halal, tetapi pendampingan juga penting dilakukan, baik dalam bentuk memberikan edukasi manajemen produk halal maupun pendaftarannya.

“Kami juga punya berbagai program pelatihan di 71 pusat layanan usaha terpadu di berbagai kabupaten kota,” ujar Teten.

Selain itu, percepatan dan perluasan akses UMKM dalam sertifikasi halal, membutuhkan kolaborasi, tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. “Jadi saatnya sekarang bekerja sama bukan sekedar bersama sama kerja,” sambung Teten.

Rep. Aldiansyah Nurrahman