Jumat, 27 November 2020
12 Rabi‘ at-akhir 1442 H
Home / Keuangan / Dalam Beraktivitas Ekonomi, Kelas Menengah Muslim Dunia Mempertahankan Keyakinannya
Foto dok. Pexels
Satu dekade terakhir, ekonomi dan keuangan syariah global mengalami pertumbuhan yang fantastis.

Sharianews.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan dalam satu dekade terakhir, ekonomi dan keuangan syariah global mengalami pertumbuhan yang fantastis.

Ia menjelaskan, kondisi tersebut salah satunya disebabkan karena semakin banyaknya kelas menengah baru muslim yang dalam melakukan aktivitas ekonominya tetap ingin mempertahankan keyakinannya.

“Hal itu membentuk demand tersendiri bagi pelaku pasar dan menjadi peluang serta tantangan yang harus dipenuhi. Bertemunya demand dan supply tersebut membentuk pasar ekonomi dan keuangan syariah global yang dari hari ke hari menunjukkan kenaikan yang signifikan,” ujarnya, dalam pembukaan Forum Internasional “Contemporary Fiqh Issues in Islamic Economic and Finance” secara virtual, Selasa (27/10).

Pada kesempatan itu, Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah ini juga menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah perlu memperhatikan fatwa dari para ulama agar sesuai dengan ketentuan aspek syariah selain memerhatikan aspek bisnis.

Dalam hal ini, pemerintah telah menetapkan empat prioritas agenda dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yaitu industri halal, keuangan syariah, keuangan sosial syariah serta bisnis syariah.

Webinar “Contemporary Fiqh Issues in Islamic Economic and Finance” yang melibatkan pakar dari dalam dan luar negeri tersebut merupakan bagian dari rangkaian puncak acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020  yang diselenggarakan pada tanggal 27-31 Oktober 2020.

Rep. Aldiansyah Nurrahman