Kamis, 28 Januari 2021
15 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / Daftar Kosmetik Korea Bersertifikasi Halal yang Aman Bagi Muslim
Kemudahan mendapatkan produk-produk kecantikan Korea menimbulkan tanda tanya bagi konsumen muslim di Indonesia mengenai kehalalan bahan-bahan yang digunakan.

Sharianews.com, Jakarta - Korea dikenal dunia sebagai kiblat make up flawless dan kulit bersinar. Hal ini ditampilkan melalui drama televisi yang mereka produksi, serta citra idol K-Pop yang sering dijadikan sebagai brand ambassador produk kecantikan. Tak ayal, pecinta drama dan fans idol tersebut dibuat penasaran dengan produk skincare dan kosmetik yang mereka gunakan.

Berbagai macam produk kecantikan Korea bisa ditemukan dengan mudah secara daring. Di Indonesia pun saat ini bisa dengan mudah mendapatkan produk kecantikan asal Negeri Ginseng ini.

Banyak merek Korea yang sudah menjalin kerja sama dengan platform e-commerce Indonesia dengan membuka akun official store untuk menjamin keaslian produk, selain itu merek-merek tersebut juga melakukan ekspansi secara luring dengan membuka gerai di pusat perbelanjaan yang tersebar di kota besar yang ada di Indonesia.

Kemudahan mendapatkan produk-produk kecantikan Korea menimbulkan tanda tanya bagi konsumen muslim di Indonesia mengenai kehalalan bahan-bahan yang digunakan.

Diolah dari beberapa sumber, ternyata diantara merek produk kecantikan Korea yang sudah masuk pasar Indonesia ada yang sudah mengantongi sertifikat halal dari beberapa negara seperti Indonesia, Turki dan Malaysia.

Berikut daftar beberapa produk kecantikan Korea yang bisa dijadikan referensi umat muslim:

1. Jacskin

Jacskin merupakan produk yang diluncurkan oleh Talent Cosmetics yang sudah mengantongi sertifikat halal Jabatan Kemajuan Islam (Jakim) Malaysia sejak 2014. Tidak diragukan lagi, produk-produk dari merek ini pasti sudah melalui serangkaian uji bahan yang disesuaikan dengan syariat Islam.

2. Cosmax

Cosmax merupakan pabrik pengembang produk kosmetik Korea Selatan yang sudah memiliki cabang di Indonesia. Cosmax mengakuisisi pabrik Indonesia dari L`Oréal pada Desember 2012 dan menerima persetujuan untuk pembuatan kosmetik sejak Maret 2013. Cosmax sudah mengantongi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pemasok skincare dan make up beberapa merek lokal dan global di Indonesia.

3. Sunwoo Cosme

Sunwoo Cosme merupakan merek kecantikan keluaran dari Talent Cosmetic. Senada dengan Jacskin, merek ini juga telah mendapatkan sertifikat halal dari Jakim Malaysia.

4. JNH Halal

JNH Halal merupakan salah satu produk utama yang dikeluarkan oleh Daeduck Lab. Co, Ltd. Produk ini telah memiliki label halal dari Badan Sertifikasi Halal Turki, Gimdes.

5. Puresh dan Puresh Pregna Care

Puresh dan Puresh Pregna Care merupakan produk yang dikeluarkan oleh Daeduck Lab. Co, Ltd. Seperti brand sejawatnya JNH Halal, Puresh juga telah memiliki label halal yang dikeluarkan oleh Gimdes Turkey.

Rep. Aldiansyah Nurrahman