Sabtu, 6 Maret 2021
23 Rajab 1442 H
Home / Lifestyle / Cyber Islamic University Pertama di Indonesia Bersiap Dibentuk
Foto dok. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Dengan model pembelajaran yang sepenuhnya daring mulai dari proses pendaftaran mahasiswa sampai kelulusan

Sharianews.com, Jakarta - Cyber Islamic University Pertama di Indonesia akan dibentuk. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon bersiap menjadi Cyber Islamic University pertama di Indonesia.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan kehadiran Cyber Islamic University ini didasari oleh semangat untuk memenuhi janji konstitusi, yaitu memastikan bahwa tidak ada warga negara yang tidak terlayani untuk kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam. IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam siber pertama di Indonesia.

 “Dengan model pembelajaran yang sepenuhnya daring mulai dari proses pendaftaran mahasiswa sampai kelulusan, UISSI (Universitas Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia) diharapkan akan menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pertama di Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara daring,” ujar Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati Bandung ini, akhir pekan lalu.

Ali Ramdhani berharap, UISSI akan menjadi salah satu media pemerintah untuk menyapa anak bangsa yang selama ini tidak dapat mengenyam pendidikan tinggi karena keterbatasan waktu atau faktor geografis.

“Para guru-guru Kemenag yang belum S1, para pekerja yang belum S1, petani dan buruh, bahkan para TKI di luar negeri yang belum S1, bisa kita fasilitasi untuk kuliah melalui UISSI ini tanpa harus meninggalkan pekerjaannya,” tegasnya.

Proses transformasi ini dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar Ditjen Pendidikan Islam, 19 - 21 Februari 2021 di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman