Jumat, 23 Agustus 2019
22 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Global / CollabDean, Platform Teknologi Penyelamat Umat Lewat Komunitas
Keamanan menjadi perhatian yang sangat penting dan perlunya tindakan pencegahan di tempat ibadah yang merupakan target umum kebencian, kejahatan dan perilaku anti sosial.

Sharianews.com, Jakarta ~ Islamaphobia dan penindasan terhadap komunitas Muslim telah ada sejak awal Islam berdiri. Seiring berjalannya waktu, peristiwa nine eleven kembali membenarkan kebencian anti Muslim yang telah disaksikan di seluruh dunia di banyak kota dan negara.

Pada kasus-kasus lainnya seperti pembunuhan kelompok Rohingya, wanita Muslim diserang di jalanan London, dan terakhir kasus penembakan Mesjid Chritschurch, Selandia Baru yang menyebabkan kematian lebih dari 50 orang ketika seorang pria bersenjata masuk ke masjid dan mulai menembak anggota jemaah tanpa pandang bulu.

Insiden tragis dan mengerikan yang menyerang umat Muslim, haruslah disadari bahwa keamanan menjadi perhatian yang sangat penting dan perlunya tindakan pencegahan di tempat ibadah yang merupakan target umum kebencian, kejahatan dan perilaku anti sosial.

Pengusaha Muslim Fateh Ali dan rekannya Mohamed Hussain meluncurkan aplikasi startup cerdas pada bulan Ramadan ini yang diberi nama CollabDean. Aplikasi asal Singapura ini dimaksudkan untuk mendorong umat Muslim di seluruh dunia agar dapat berkomunikasi dengan komunitas mereka di seluruh dunia.

“Tim CollabDeen telah bekerja sangat keras di balik layar untuk mengembangkan fitur aplikasi mereka, seperti COSOS (Community SOS) adalah peringatan darurat yang akan datang untuk fitur masjid dan masyarakat Islam di seluruh dunia,” ujarnya seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sharianews, Kamis (29/5).

Lebih lanjut dikatakan, teknologi ini dapat menjadi penyelamat. CollabDeen mampu memberikan informasi seperti gempa bumi dan banjir di samping keadaan darurat lainnya.

“Situasi yang mungkin terjadi di masyarakat bisa terjadi kapan saja, dan metode yang diusulkan untuk menangani dengan jenis masalah ini dirumuskan oleh tim belakang CollabDeen,” sambungnya.

CollabDeen menginisiasi kampanye LaunchGood, yakni fitur baru dalam teknologi untuk keselamatan komunitas. Teknologi ini memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan cara-cara baru dan inovatif.

Aplikasi yang bisa diunduh melalui Android dan IoS ini, dilengkapi tombol tanggap darurat komunitas yang terhubung dengan komunitas CollabDeen platform manajemen, GPS dan teknologi lain, serta mampu mengingatkan dengan sistem kepada siapapun yang terhubung dengan Masjid, Islamic Centre atau dalam kondisi darurat. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo