Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Cara Zee zee Mengajarkan Agama Pada Anak di Sekolah sampai di Rumah
Dok/Foto Arif Sharianews.com
Hanya saja orang harus lebih pintar.

Sharianews.com, Sudah menjadi hukum alam, setiap anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua. Tidak heran  orang tua disebut sebagai pondasi bagi pertumbuhan daya pikir dan perilaku si anak.

Maka sudah menjadi kewajiban setiap orang tua selain memberikan contoh yang baik juga memberikan pengajaran yang tepat untuk buah hati, khususnya dalam pendidikan agama.

Seperti yang dilakukan oleh artis tanah air Zee zee shahab, yang menurutnya di manapun anak di sekolahkan tetap saja basic pembelajaran berasal dari orang tua.

“Untuk basic sih itu lebih menjadi andil dan kewajiban orang tua ya. Mau anak ini di sekolahin di pesantren atau sekolah islam lainnya kalau orang tua gak mendidik anaknya pasti akan hampa. Jadi yang punya kewajiban untuk ajarin basic agama tetap orang tua,” kata Zee zee di kawasan Agro Plaza Kuningan, Kamis (16/5).

Bersama dengan sang suami, Zee zee pun menetapkan prinsip, yakni dalam mengajarkan agama kepada anak harus dengan cara yang menyenangkan dan tidak begitu mengekang. Sebab jika tidak, setelah dewasa anak akan merasa bosan dan melakukan ibadah bukan karena kebutuhan.

“Ibadah itu kebutuhan bukan ketakutan, sama Allah itu cinta bukan karena takut. Jadi memang yang aku ajarkan, salah satunya itu ketika puasa, sampe akhirnya bikin dia jadi sadar dan butuh untuk puasa terus,” ujar istri presenter televisi Prabu Revolusi ini.

Begitu pula dalam penggunaan gadget, Zee zee memang sangat mewanti-wanti saat anaknya memegang gadget. Namun mengingat karakter anaknya yang semakin dilarang akan semakin melakukan, ia pun tidak sepenuhnya melarang penggunaan gadget pada anak.

Hanya saja, sebagai orang tua harus lebih pintar dan memberikan arahan sebelum anak diberikan gadget tersebut. selain itu, pengawasan pun juga harus dilakukan.

“Nah makanya sekarang isi gadget-nya yang diperhatiin. Dia bisa belajar baca dari gadget, dari youtube. Dia bisa belajar bahasa inggris, cerita nabi itu dari gadget.

Jadi memang orang tuanya yang harus lebih pinter dari anaknya, dan kita juga harus selektif lagi apa saja yang ada di download di gadget nya. Dikasih tontonan pun yang anak-anak, dan kini dia sudah tahu ini yang boleh ditonton dan tidak boleh,” imbuh dia.

Sisi lain, selain dari orang tua yang mengajarkan basic agama, Zee zee juga menyekolahkan anaknya di sekolah islam. Tidak hanya itu, ia pun kerap mendatangkan guru ngaji ke rumahnya untuk belajar hadis, fiqh dan juga aqidah.

“Kebetulan Khaleev (putranya) di TK (Taman Kanak-kanak) islam, jadi setiap harinya ada murrotal, hapalan Quran dan pendidikan agamanya juga jadi prioritas di sana. Selain itu panggil guru juga ke rumah untuk belajar hadis, fiqih dan aqidah,” pungkas dia.

Reporter: Fathia Rahma Editor: Munir Abdillah