Selasa, 14 Juli 2020
24 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Lifestyle / Cara Mudah Memilih Kosmetik Halal
FOTO I Dok. pexels.com
Kata halal sudah menjadi jaminan mutu bagi sebuah produk, termasuk kosmetik.

Sharianews.com, Kosmetik adalah salah satu benda wajib yang tak bisa dipisahkan dari wanita. Kini, kosmetik sudah menjadi barang konsumsi yang berkelanjutan.

Menariknya, masih banyak muslimah yang menerapkan prinsip halal saat memilih kosmetik. Kata halal sudah menjadi jaminan mutu bagi sebuah produk, termasuk kosmetik. Tak hanya menjadi jaminan bagi umat Muslim, tetapi juga bagi mereka yang non-muslim.

Baca juga: Tujuh Pilihan Kuliner Halal saat Traveling ke Jepang

Bagi sebagian besar muslimah, meperhatikan pilihan kosmetik agar wajah terlihat cantik dan segar setiap saat sangatlah penting. Tidak hanya aman dari bahan-bahan berbahaya untuk kulit, tetapi juga bahan-bahannya harus terhindar dari sumber yang diharamkan agama. Kehalalan produk kosmetik harus menjadi jaminan utama.

Saat ini, banyak industri kosmetik yang mencari terobosan baru sebagai bahan baku kosmetik. Baik lokal maupun impor. Tak jarang bahan-bahan tersebut berasal dari binatang yang tidak boleh dikonsumsi seperti kandungan plasenta, babi, dan beragam kandungan lain yang diharamkan agama seperti alkohol.

Minimnya pengetahuan akan produk kosmetik yang aman, baik, dan halal sering dialami muslimah. Banyaknya pilihan, merek, dan harga menjadi prioritas konsumen dalam membeli produk kosmetik. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih kosmetik halal, agar wajah tetap cantik, aman, dan nyaman saat menggunakan, di antaranya:

  • Baca komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam label
  • Lihat label halal dari MUI yang ada dalam kemasan
  • Scan barcode melalui aplikasi halal
  • Pastikan produk kosmetik memiliki sertifikat dari BPOM RI
  • Harus diketahui bahwa tidak semua kosmetik yang berasal dari bahan alami itu halal
  • Baca dengan saksama nama dan alamat produsen
  • Hindari produk yang jelas-jelas mengandung bahan non-halal

Semakin banyak muslimah yang menyadari bahwa kosmetik halal bukan hanya sekadar memenuhi syariat agama, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini akan membuat kaum muslimah menjadi semakin cantik, menarik, dan tetap mengedepankan prinsip agama. (*)

 

 

Achi Hartoyo