Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Tren Bisnis / Cara Mudah Beli Emas Cicilan seperti Transfer Pulsa
FOTO I Dok. Merahputih.com
"Nah, jadi kayak transfer pulsa kalau mau kasih hadiah ke orang tinggal transfer emas saja, simpel kan," ujar Assad.

Sharianews.com, Jakarta ~ Transaksi jual beli emas secara rata-rata masih dilakukan secara konvensional dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Alasan inilah yang membuat CEO Tamasia, Muhammad Assad terpikir untuk membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli emas tanpa perlu keluar rumah.

Assad pun mulai membangun aplikasi bernama Tamasia pada Juni 2017. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membeli emas batangan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) secara online dengan konsep syariah.

"Ini adalah sistem jual beli emas dengan sistem syariah dan berdasarkan fatwa MUI no 77/2010. Jadi orang bisa beli emas lewat aplikasi dan sistemnya sesuai standart syariah compliant," ujar Assad ketika ditemui sharianews.com di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Assad yang juga lulusan S2 Qatar jurusan ekonomi syariah ini menjelaskan mengenai akad yang digunakan oleh aplikasi Tamasia.

"Akadnya wadiah mudharabah, kemudian akadnya jual beli, kemudian ada akad titipan kalau nggak mau diambil, emasnya bisa dititipkan juga di kita," sambung Assad.

Bagi pengguna yang tertarik membeli emas lewat Tamasia, disediakan beberapa fitur yang bisa diakses dengan gampang, seperti beli emas, jual emas, cetak emas, dan transfer emas.

"Nah, jadi kayak transfer pulsa kalau mau kasih hadiah ke orang tinggal transfer emas saja, simpel kan," ujar Assad.

Bagi pengguna yang tertarik membeli emas lewat Tamasia, disediakan opsi cicilan mulai dari tiga bulan hingga 24 bulan. Sedangkan pilihan emas yang disediakan mulai dari satu gram hingga seratus gram. Selama masa cicilan, emas yang dibeli pengguna disimpan dan diasuransikan di Antam sebagai corporate partner Tamasia.

"Target pembeli kami diharapkan makin banyak, customernya makin banyak, dan total salesnya makin banyak," tutup Assad. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo