Kamis, 18 Juli 2019
16 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Keuangan / BWM Selamatkan Masyarakat dari Jerat Rentenir
FOTO I Dok. Klikfox.com
Hingga November 2018 lalu, sudah ada 38 Bank Wakaf Mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang telah menyalurkan pembiayaan kepada 8.373 orang nasabah, dengan total pembiayaan sebesar Rp 9,72 miliar.

Sharianews.com, Jakarta ~ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyiapkan kebijakan dan inisiatif yang diarahkan untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat kecil lewat pendirian Bank Wakaf Mikro menjadi sekitar 100 lembaga pada akhir tahun 2019.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan, OJK menaruh perhatian besar terhadap UMKM. Untuk itu OJK akan terus berusaha memperluas penyediaan akses keuangan UMKM dan masyarakat kecil di daerah terpencil yang belum terlayani lembaga keuangan formal.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pendekar-pendekar Bank Wakaf Mikro di kawasan pesantren-pesantren atas kontribusinya selama ini,” jelas Wimboh, di Jakarta, Jumat malam (11/1/).

Ia mengungkapkan dengan mendirikan Bank Wakaf Mikro bisa memfasilitasi masyarakat kecil yang selama ini tidak bisa mengakses lembaga keuangan.

Sementara, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan pendirian Bank Wakaf Mikro solusi bagi masyarakat kecil. “Pendirian Bank Wakaf (Mikro) memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini mungkin hanya tergantung kepada rentenir,” ujar Wimboh.

Selain itu, ia mengapresiasi kehadiran Bank Wakaf Mikro sebagai bagian dari sistem keuangan yang baik serta berkontribusi bagi bangsa.

Hingga November 2018 lalu, sudah ada 38 Bank Wakaf Mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang telah menyalurkan pembiayaan kepada 8.373 orang nasabah, dengan total pembiayaan sebesar Rp 9,72 miliar.

OJK menjelaskan (18/12/2018) manfaat Bank Wakaf Mikro bagi pengembangan ekonomi mikro juga mendapat dukungan dari dua lembaga amal di Kuwait, yakni International Islamic Charity Organization (IICO) dan Zakat House yang akan melakukan penjajakan kerja sama dalam memfasilitasi pendirian Bank Wakaf Mikro di Indonesia. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo