Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Ekbis / Buka Puasa Bersama KPPTK, Maruf Amin Bicara Fintek Syariah
Foto/dok. Sahrianews.com
Teknologi Keuangan dan juga gerakan pemuda Alwashliyah. "Saya memberikan aspirasi bagi Komunitas Peduli Teknologi Keuangan (KPTK) sebagai pihak penyelenggara dan ini menjadi penting karena dalam rangka merajut kembali ukhuwah islamiyah dari berbagai komunitas ormas Islam," ucap Maruf Amin.

Sharianews.com, Jakarta ~ Calon wakil presiden Maruf Amin, ikut berbuka puasa bersama ratusan anak yatim. Kegiatan ini diinisiasi oleh Komunitas Peduli Teknologi Keuangan dan juga gerakan pemuda Alwashliyah.

"Saya memberikan aspirasi bagi Komunitas Profesional Peduli Teknologi Keuangan (KPPTK) sebagai pihak penyelenggara dan ini menjadi penting karena dalam rangka merajut kembali ukhuwah islamiyah dari berbagai komunitas ormas Islam," ucap Maruf Amin kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/5).

Maruf Amin juga menyinggung masalah finansial teknologi (fintek) syariah yang harus terus dikembangkan.

"Kita umat Islam itu ingin terus mengembangkan, mengambil sesuatu yang baik meskipun itu dari luar, bagaimana kita memajukan antara prinsip ketuhanan dengan rekayasa manusia, bagaimana membagun prinsip-prinsip syariah dengan teknologi, dan mengambil yang baru dengan lebih baik," tutur Maruf Amin.

Sementara ketua penyelenggara, Yulian Hadromi menjelaskan, KPPTK ke depan akan lebih banyak mengenalkan fintek syariah. Menurut Yulian ketika ditemui dalam seminar nasional teknologi dan ekonomi Islam, agama Islam pada dasarnya memiliki prinsip mempermudah segala sesuatu.

"Nah, dengan adanya fintek ini, MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa-fatwa yang tidak melarang keberadaan fintek," ujar Yulian.

Yulian yang juga menjabat sebagai ketua relawan unicorn ini ke depannya ingin mengenalkan fintek ke daerah dan pesantren.

"Karena di Jakarta masyarakat cepat mengetahui, nah, kita ingin juga memperkenalkan ke daerah terutama ke pesantren yang mungkin masalah informasi mereka kurang, tentu kami juga akan mengundang praktisi dari Jakarta, jadi mereka bisa share apa itu fintek, bagaimana kemudahan yang diperoleh dari fintek syariah," ujarnya. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo