Senin, 27 Januari 2020
02 Jumada al-akhirah 1441 H
Home / Keuangan / BRI Syariah dan Lazismu Sepakati Kerja Sama Pengelolaan Ziswaf
Indikator keberhasilan zakat, sangat bergantung pada pengelolaan dan pemanfaatannya.

Sharianews.com, Jakarta ~BRI Syariah sebagai salah satu bank syariah di Indonesia, turut berupaya melakukan terobosan dalam memaksimalkan potensi zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf).

Indikator keberhasilan zakat, sangat bergantung pada pengelolaan dan pemanfaatannya. Agar pemanfaatannya efektif, sesuai tujuan, dan tepat sasaran, penyerahan zakat disarankan melalui badan amil zakat.

Guna memaksimalkan peran tersebut, BRI Syariah bersama Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (Lasizmu) menandatangani perjanjian kerja sama.

Kerja sama ditandatangani pada 6 Desember 2019 di Rakernas Lazismu yang berlangsung di Lombok, oleh Direktur Bisnis Komersial BRI Syariah Kokok Alun Akbar dan Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief. Melalui penandatanganan perjanjian ini, BRI Syariah dan Lazismu sepakat melakukan kerja sama dalam penerimaan dan pemberdayaan penyaluran dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

Dalam kesempatan tersebut, Alun menjelaskan alasan kerja sama antara BRI Syariah dan Lazismu, bahwa semua paham zakat adalah harta (dalam hal ini berupa uang) yang wajib dikeluarkan oleh muzaki untuk diberikan kepada mustahik sesuai syariat Islam. Membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat Muslim, sesuai rukun Islam yang keempat.

“Dengan berzakat, umat Islam tidak hanya menunaikan kewajiban. Melalui zakat umat Islam turut membantu masyarakat kurang mampu, sehingga ikut aktif menjadi solusi pengentas kemiskinan. Kami ingin memudahkan nasabah untuk membayar zakat. Itulah alasan kami bekerja sama dengan Lazismu,” jelas Alun, dalam rilis yang diterima Selasa (10/12).

Selain mengatur mengenai penyaluran zakat kerja sama BRI Syariah dan Lazismu juga terkait dengan penerimaan dan pendayagunaan infak, sedekah, wakaf serta iuran anggota Muhammadiyah. BRI Syariah akan membantu Lazismu dalam penghimpunan dana Ziswaf dan pendayagunaan dana Ziswaf dengan menggunakan produk perbankan syariah yang sesuai.

Nasabah dapat melakukan pembayaran Ziswaf melalui teller BRIsyariah, e-channel BRI Syariah, atau melalui platform keuangan elektronik yang sudah terkoneksi dengan BRI Syariah. Layanan tidak tertutup hanya bagi nasabah, melainkan terbuka untuk masyarakat umum.

Bagi nasabah BRI Syariah pembayaran Ziswaf semakin mudah melalui BRIS Online. BRIS Online adalah layanan mobile banking kami. Selain transaksi keuangan pada umumya, BRIS Online menyediakan menu pembayaran Ziswaf dan kurban kepada lembaga penyalur zakat seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Lazismu. Harapnnya kerja sama ini semakin memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya.

“Peran dana Ziswaf dalam memberdayakan masyarakat sangat  besar. Kami siap mendukung Lazismu menyalurkan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf untuk memberdayakan masyarakat kecil. Kami yakin dengan profesionalitas setiap pihak yang terlibat, berbagai program yang bermanfaat dapat mewujudkan mengentaskan kemiskinan,” tutup Alun. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo