Jumat, 19 Juli 2019
17 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Inovasi / BRF OneFoods Digitalisasi Pengiriman Daging Halal
FOTO I Dok. halalfocus.net
Digitalisasi mampu meningkatkan layanan, kualitas dan keamanan yang tinggi kepada pelanggan.
Sharianews.com, Jakarta. BRF OneFoods di Abu Dhabi, anak perusahaan BRF Brasil yang menjadi produsen makanan halal global, yang menyumbang sepertiga dari total ekspor multinasionalnya, belum lama ini memperkenalkan metode digitalisasi untuk pengiriman produk halalnya. Terobosan tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggannya di pasar halal Timur Tengah.
 
“Digitalisasi ini adalah metrik kualifikasi untuk pengemudi truk, sehingga kami dapat mengevaluasi kinerja mereka, menilai kualitas cara mengendarai dan mengembangkan jalur karir mereka. Sebelum sistem dijalankan, ada praktik deriver 3PL terlebih dahulu atau pelatihan untuk pengendara,” terang Walid El Hajj, Manajer Logistik Regional BRF OneFoods untuk kantor di Malaysia.
 
El Hajj menjelaskan, cara kerja digitalisasi tersebut dengan menggunakan platform internet yang memungkinkan melacak setiap pengiriman secara langsung. Dari sini, pihaknya dapat melihat semua produk yang disalurkan ke setiap pelanggan.
 
“Sambungan internet menghubungkannya dengan ponsel pengemudi yang mencatat lokasi, pengembangan dan pengiriman, setiap truk juga dilengkapi peralatan telematika yang dapat mencari tahu aktivitas apa saja yang sedang dilakukan oleh pengemudi saat pendistribusian berlangsung,” katanya menegaskan. 
 
Penggunaan proses yang juga disebut dengan ‘Motorista’ ini, sambung El Hajj, merupakan buntut dari dua Program Global (Global Programs) yang telah dibuat dan sudah berjalan di Brasil sebelumnya. Yakni, program keunggulan logistik dan pengintegrasian penyuplai.
 
Selain bertujuan untuk mengembangkan kualitas layanan, cara tersebut juga turut membantu pengemudi terintegrasi. Pengemudi bisa mengelola konsumen dan produk dengan tingkat layanan, kualitas dan keamanan yang tinggi.
 
“Rencana ini adalah implementasi dari misi perusahaan kami, yaitu agar mampu melayani klien yang memesan produk di kantor wilayah Timur Tengah, Malaysia, Uni Emirat Arab  hanya dalam  waktu 12 jam saja,” papar El Hajj sebagaimana dikutip dari Halal Focus.
 
Lebih lanjut El Hajj menyatakan, upaya perusahaannya tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak langsung terhadap peningkatan pengiriman secara tepat waktu dan mampu mengurangi biaya.
 
Hal tersebut juga membantunya untuk segera mengambil tindakan jika ada masalah, serta memberi kemampuan untuk bersikap proaktif.
 
Tiga Juta Ton Makanan  
 
El Hajj mengungkapkan, dengan memiliki sembilan pabrik di Brasil, tiga untuk Turki, satu di Malaysia dan satu lainnya di Abu Dhabi, perusahaanya mampu menghasilkan produk komoditas halal sebanyak 3 juta ton setiap tahunnya. Khusus industri di Abu Dhabi sendiri, per tahun dapat memproduksi hingga 70.000 ton.
 
“Pencapaian sebesar itu, dikarenakan kami mengontrol kualitas semua produk. Melalui integrasi vertikal rantai pasokan, termasuk peternakan, pabrik pakan milik pribadi, fasilitas penyimpanan biji-bijian, tempat penetasan, rumah pemotongan hewan dan pusat distribusi,” la menambahkan.
 
El Hajj juga mengungkapkan, dengan besarnya jumlah produksi, menjadikan perusahaannya mampu mengekspor ke 42 pasar halal di berbagai negara. Sekaligus mengukuhkan pihaknya sebagai salah satu firma pemasok makanan halal yang diperhitungkan di dunia, khususnya di wilayah Timur Tengah. (
Reporter: Emha S Ashor Editor: Achi Hartoyo

Tags: