Senin, 27 Januari 2020
02 Jumada al-akhirah 1441 H
Home / Keuangan / BPRS HIK Ciledug Jajaki Tiga Model Kerja Sama Fintech
FOTO I Dok. bprshik.co.id
Alfi Wijaya, Direktur Utama BPRS HIK Ciledug mengatakan, sampai saat ini HIK Ciledug masih mencari model kerja sama yang tepat dengan fintek.

Sharianews.com, Tangerang ~ Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah (HIK) sedang melakukan penjajakan dengan perusahaan fintek dalam setahun terakhir. Bahkan sudah dibawa ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Alfi Wijaya, Direktur Utama BPRS HIK Ciledug mengatakan, sampai saat ini HIK Ciledug masih mencari model kerja sama yang tepat dengan fintek. Ada tiga model yang saat ini tengah dikaji HIK untuk diajak kerja sama.

“Fintek ini sederhananya adalah mediator. Fintek ini menghubungkan antara orang yang punya dana dan butuh dana sebagai penghubung. Beda dengan bank, fintek itu cuma mengalir saja tidak memiliki, tidak dicatat di neraca,” jelasnya menegaskan, saat ditemui Sharianews.com, di Tangerang Selatan, Selasa (10/12).

Menurut Alfi, tiga model kerja sama dengan fintek yang bisa dilakukan dengan BPRS yang pertama adalah fintek bisa menjadi sarana BPRS untuk mencari nasabah yang kelebihan dana. Ibaratnya, BPRS hanya mengenalkan tabungan dan deposito. Kerja sama dengan fintek kemudian ditampilkan melalui platform untuk mendapatkan pendanaan.

Kedua, BPRS yang memiliki kelebihan dana, tetapi kesulitan mencari nasabah pembiayaan, sedangkan fintek menerima pembiayaan yang dananya berasal dari BPRS.

Ketiga BPRS memiliki dana dan calon nasabah. BPRS hanya menggunakan tools dari platform fintek untuk melakukan analisis.

“Uangnya bersumber dari BPRS, prospek nasbahnya dari fintek. Cuma misalnya ada seribu prospek, dari jumlah itu ingin 200 prospek untuk menyeleksi, maka digunakanlah tools fintek,” tutup Alfi. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: