Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Fokus / BPRS HIK Bekasi Akan Gandeng Aktivaku
FOTO l Dok. BPRS HIK Bekasi
Ingin memberikan kemudahan layanan kepada konsumen dan nasabah BPRS HIK Bekasi terus melakukan inovasi, salah satunya dengan menggandeng layanan financial technologi, Activaku.

Sharianews.com, Jakarta. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah (HIK) Bekasi terus mengengikuti dan mengembangkan teknologi.

Komitmen tersebut menurut Komisaris Utama BPRS HIK Bekasi Iqbal Witjaksono, akan diwujudkan dengan menggandeng salah satu financial technology (fintech) Aktivaku, salah satu fintech resmi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Iqbal menjelaskan, Aktivaku diharapkan dapat membantu dari sisi funding dan juga lending, dalam artian jika Aktivaku memiliki sumber dana dari invenstor yang tidak tahu bagaimana  dan di mana akan disalurkan, maka bisa disalurkan melalui BPRS HIK Bekasi. 

“Demikian pula jika BPRS HIK Bekasi ingin menyalurkan sesuatu pembiayaan dan tidak tahu di mana pasarnya, kita bisa menggunakan Aktivaku untuk menyalurkan dana,”kata Iqbal, di Bogor sela Rapat Kerja HIK Group, Jumat (9/11/2018).

Aktivaku adalah fintech platform yang menjadi market place untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan pendanaan dengan pihak yang bersedia memberikan pendanaan melalui sebuah mekanisme yang aman dan transparan.

Fitur keamanannya ditambahkan melalui jaminan berupa aset atas setiap transaksi yang terjadi. Bagi pendana, risiko investasi bisa diminimalisir melalui aset/agunan. Sedangkan bagi peminjam, pendanaan bisa diperoleh dengan memanfaatkan aset yang selama ini dimiliki.

Mengenai pentingnya teknologi bagi BPRS, Iqbal mengutarakan teknologi tidak bisa langsung diserap, perlu langkah-langkah yang harus dilalui. Harus ada edukasi terlebih dulu, edukasi mengenai literasi keuangan pebankan.

“Setelah itu didapat,  lalu peraturannya juga didapat, baru kita masuk ke fintech-nya, sehingga fintech tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik, misalnya manipulasi dan penipuan. Makanya kita mesti berhati-hati, tapi kita juga tidak paranoid,”papar Iqbal.

Perkembangan tekologi Hik Bekasi sekarang ini, y adalah penggunaan virtual banking. Transaksi bisa digunaakan secara virtual, untuk transfer, untuk pemnindahan droping ke customer.(*).

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil