Jumat, 6 Desember 2019
09 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Haji umrah / BPKH Giat Sosialisasi Ibadah Haji Muda
Anggota Badan BPKH, Iskandar Zulkarnaen saat diwawancari media. Foto/dok.romy
Ibadah haji adalah kegiatan ziarah ke kota suci Makkah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

Sharianews.com, Jakarta ~ Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sampai saat ini masih giat dalam melakukan gerakan MINA atau Mari Tunaikan Haji Selagi Muda.

Ibadah haji adalah kegiatan ziarah ke kota suci Makkah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt. Seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji tersebut selain membutuhkan kemampuan finansial, juga sangat memerlukan kemampuan fisik dan keilmuan.

"Karena kebanyakan aktifitas haji itu kebanyakan di fisik, nah, pendaftar haji sekarang rata-rata usia di atas 40 tahun, padahal antrian sekarang itu 20 tahun, sehingga kalau umur 40 tahun mendaftar berangkatnya 60 tahun, kalau pensiun di umur 55 tahun mendaftar berangkatnya 75 tahun, sehingga melaksanakan hajinya ditakutkan tidak sempurna karena fisiknya," ujar anggota Badan Pelaksana BPKH, Iskandar Zulkarnain saat ditemui di acara launching tokopedia umrah, Rabu (27/11).

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, BPKH berkeyakinan MINA dapat menggerakkan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji di usia dini. Dengan berhaji sejak dini, diharapkan terbentuk generasi yang memiliki kesalehan individu dan sosial yang menjadi modal dalam membangun bangsa.

"Kita sosialisasi, edukasi, literasi, ke masyarakat, atau universitas untuk haji muda itu, misalnya di kampus, kita literasi mereka mulai mendaftar pada saat kuliah awal dia nabung setelah lulus dia udah cukup 25 juta untuk mendapat porsi seat haji, nah, dia bisa langsung daftar, kalau antrian 20 tahun kan 45 tahun sudah berangkat haji," sambung Iskandar.

Sebelumnya, lebih lanjut dikatakan Iskandar, di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, anak muda menjadi generasi yang paling terdampak. Saat ini vlogging atau membuat vlog menjadi salah satu tren yang populer di kalangan mereka.

BPKH pun melihat hal ini sebagai peluang dan sarana untuk meraih minat serta meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap gerakan MINA. Untuk itu pulalah, BPKH menggelar Lomba Vlog MINA, sebuah kompetisi membuat karya vlog bagi kalangan muda yang hasilnya diharapkan dapat menggugah kesadaran seluruh pihak untuk menyegerakan ibadah haji.

“Gerakan MINA dengan lomba vlognya ingin menanamkan nilai positif kepada generasi muda untuk meningkatkan semangat beribadah, sekaligus menumbuhkan kesadaran dalam merencanakan masa depan dengan mulai membiasakan diri menabung, serta turut berperan aktif dalam program kreatif bernilai edukasi,” tutup Iskandar. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo