Jumat, 23 Agustus 2019
22 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Haji umrah / BPKH Bisa Membeli Pesawat untuk Jemaah Haji
FOTO I Dok. cheria-travel.com
Ketua BPKH Anggito Abimanyu menjelaskan kemungkinannya untuk membeli pesawat guna mendukung keperluan perjalanan jemaah ke tanah suci.

Sharianews.com, Jakarta ~ Badan Pengelola Keuangan Haji berencana melakukan investasi langsung di luar instrumen keuangan. Salah satu bentuk investasi langsung tersebut dilakukan melalui pembelian pesawat terbang untuk keperluan jemaah.

Ketua BPKH Anggito Abimanyu menjelaskan kemungkinannya untuk membeli pesawat guna mendukung keperluan perjalanan jemaah ke tanah suci.

"Mungkin saja, cuma persoalannya kan, kalau kita beli pesawat kita kan harus menyerahkan operasinya kepada operator atau maskapai," ujar Anggito seperti dikutip dari detik20, Blak-Blakan investasi dana haji, Sabtu (1/6).

Ia menambahkan, ketika BPKH sudah membeli pesawat persoalan selanjutnya adalah masalah manajemen atau pengoperasiannya.

"Kan, beli terus tidak langsung supiri sendiri, jadi harus ada maskapai yang punya fasilitasnya, maintenance-nya, keahliannya, modal, jadi memang lisensinya seperti itu," imbuh Anggito yang pernah menjabat kepala badan fiskal Kementerian Keuangan.

Dituturkan Anggito, pada akhirnya keputusan untuk membeli atau menyewa pesawat akan ditinjau lebih lanjut.

"Mau long term list ataupun operating list itu diserahkan kepada maskapainya, nah, maskapai sebagai operator harus punya kondisi keuangan yang sehat juga, selama kondisi keuangannya belum sehat memang akhirnya belum tentu menguntungkan," ujar Anggito lagi.

Seperti diketahui, dalam siaran persnya BPKH menyebut dana haji yang dikelola oleh hingga April 2019 ini mencapai Rp115triliun atau meningkat sebesar Rp10triliun dalam setahun.

Dana tersebut telah ditempatkan dan diinvestasikan melalui berbagai instrumen keuangan syariah yang aman dan optimal. BPKH memproyeksikan nilai manfaat sebesar Rp7,3triliun yang akan digunakan untuk membiayai biaya operasional haji tahun 2019. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo