Selasa, 25 Januari 2022
22 Jumada al-akhirah 1443 H
Home / Keuangan / Bos BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,1 Persen
Foto dok. BI
Sejumlah perkembangan yang terjadi membuat pertumbuhan ekonomi masih sesuai proyeksi.

Sharianews.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) tetap memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2021 sesuai dengan perkiraan. Sejumlah perkembangan yang terjadi membuat pertumbuhan ekonomi masih sesuai proyeksi.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan pertumbuhan ekonomi 2021 tetap sesuai dengan proyeksi BI pada April 2021, yakni pada kisaran 4,1 - 5,1 persen.

“Indikator dini terus membaik, seperti ekspektasi konsumen, penjualan eceran, perbaikan PMI Manufaktur, dan realisasi ekspor impor yang meningkat,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Selasa (25/05).

Lebih rinci, dari sisi permintaan, perbaikan ekonomi ke depan didorong oleh peningkatan ekspor dan investasi nonbangunan. Sementara dari sisi lapangan usaha, peningkatan terjadi di sejumlah sektor usaha, seperti industri pengolahan, sektor perdagangan, dan juga sektor konstruksi.

Kemudian, Perry mengatakan perbaikan ekonomi baik dari indikator dini, sisi permintaan, dan juga dari lapangan usaha ini bahkan sudah terlihat di kuartal II 2021 dan diharapkan akan terus bertahan hingga akhir tahun ini.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021 sendiri, diprediksi Perry, bisa mencapai 5-7 persen. Prediksi itu muncul didorong kenaikan ekspor, adanya investasi nonbangunan yang didukung belanja fiskal, kenaikan pembiayaan, dan perbaikan atau peningkatan konsumsi pemerintah.

Sedangkan pada kuartal III sekitar 6,5 persen dan pada Kuartal IV ekonomi diperkirakan di level 5,3 persen. "Kami sampaikan secara keseluruhan BI perkirakan 2021 kisaran Proyeksi 4,1-5,1 persen," tambah Perry.

Rep. Aldiansyah Nurrahman