Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Sudah Bukukan Rp41 Miliar dari Sukuk Ritel SR013
Foto dok. BNI Syariah
297 nasabah per 14 September 2020

Sharianews.com, Jakarta - BNI Syariah ditunjuk sebagai mitra distribusi baru penjualan surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR013. Dalam penjualan perdana SR013, BNI Syariah menargetkan penjualan sebesar Rp75 miliar.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengatakan dengan masuknya BNI Syariah sebagai mitra distribusi baru ini bisa mendiversifikasi kebutuhan produk perbankan khususnya investasi nasabah.

 “Jumlah nasabah yang tertarik terhadap instrumen investasi Sukuk Ritel SR013 ini cukup banyak yaitu 297 nasabah per 14 September 2020 dengan nilai Rp41 miliar,” jelasnya, dalam webinar Investasi yang Baik di Tengah Pandemi, Selasa (15/09).

Sementara itu, Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah Ida Triana Widowati mangku optimis sampai akhir masa penawaran pada 23 September 2020, BNI Syariah bisa memenuhi target penjualan yang ditetapkan.

Keunggulan masyarakat membeli SR013 di BNI Syariah diantaranya BNI Syariah menyediakan hadiah untuk pembelian SR013 minimal Rp100 juta. Didukung oleh teknologi dan jaringan BNI, BNI Syariah siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam berinvestasi.

Proses pembelian Sukuk Ritel SR-013 sudah bisa dilakukan dengan sistem daring atau online melalui portal https://HaiSBSN.bnisyariah.co.id. HaiSBSN merupakan platform yang disediakan oleh BNI Syariah untuk mengakomodasi investor melakukan transaksi pemesanan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Online yang ditawarkan oleh pemerintah. Informasi lebih lanjut bisa mengakses website BNI Syariah www.bnisyariah.co.id.

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad ijarah - asset to be Leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara dan pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Sukuk Ritel diterbitkan oleh pemerintah sebagai bentuk penyertaan terhadap aset negara. Masyarakat bisa membeli SR-013 dengan modal mulai dari Rp1 juta, kelipatan Rp1 juta hingga Rp3 miliar per orang selama masa penawaran.

Masa penawaran sukuk ritel seri SR013 akan mulai ditawarkan 28 Agustus 2020 pukul 09:00 WIB dan akan berakhir pada 23 September pukul 10:00 WIB.

Rep. Aldiansyah Nurrahman