Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Raih Penghargaan The Best Islamic Finance Commercial Bank 2018
FOTO | Dok. istimewa
BNI Syariah raih penghargaan sebagai The Best Islamic Finance Commercial Bank di Indonesia pada 2018 dari

Sharianews.com, Jakarta. PT Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah berhasil meraih penghargaan  internasional pertamanya dari Alpha Southeast Asia Award 2018.

Penghargaan tersebut menempatkan Bank BNI Syariah sebagai The Best Islamic Finance Commercial Bank in Indonesia 2018. Penghargaan tersebut diberikan oleh CEO Alpha Southeast Asia Singapura Shiddiq Bazarwala di Shangrila Hotel, Singapura, Selasa (18/9).

Abdullah Firman Wibowo, Direktur Utama BNI Syariah mengatakan penghargaan internasional pertama tersebut merupakan hasil dari proses dan kinerja perseroan selama pertengahan tahun 2018. Sebelumnya, BNI Syariah telah menerima 33 penghargaan dari dalam negeri.

"Ada tiga hal yang kami perhatikan yakni kualitas aset, pertumbuhan pembiayaan lebih dari 20 pesen, dan laba yang bertumbuh,"kata Firman, Selasa (18/9/2018) seperti dikutip dari laman berita finansial bisnis.com.

Lebih lanjut, Firman mengatakan penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi perseroan untuk tumbuh lebih berkualitas lagi. Firman kemudian menyampaikan rencana BNI Syariah hingga akhir tahun. “BNI Syariah ke depannya akan menjaga rasio pembiayaan bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di level 3 pesen hingga akhir tahun,”katanya.

Ada peran bank induk

Tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan di level internasional. Karenanya, pihaknya menyatakan bahwa penghargaaan yang diraihnya tersebut, tidak bisa dilepaskan dari dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sebagai induk usaha melalui berbagai program sinergi. “Termasuk penyaluran pembiayaan komersial baik melalui pembiayaan sindikasi maupun supply chain financing,”terangnya.

Selama ini pihaknya juga menjalin kerja sama pembiayaan sindikasi dengan bank syariah lainnya. Selain dalam penyaluran pembiayaan, BNI Syariah juga memiliki layanan untuk korporasi dan institusi. Antara lain layanan cash management melalui platform BNI Direct, virtual accounte-collection managementliquidity management, dan payment management.

Lebih lanjut dijelaskan, layanan cash management adalah layanan kepada nasabah institusi untuk mengelola aktivitas keuangan melalui sistem tertentu, sehingga lebih efisien.

Tidak hanya, itu komponen lain yang bisa jadi menjadi parameter penilaian adalah program BNI Syariah yang menyasar sektor industri halal, seperti pariwisata halal, pendidikan (pesantren, madrasah, sekolah, dan perguruan tinggi Islam), makanan, kosmetik, Zakat Infaq Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF), rumah sakit, pasar modal, serta haji dan umrah.

“Langkah ini merupakan salah satu bentuk dukungan BNI Syariah kepada pemerintah terkait cita-cita Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi halal dunia,”ujarnya. (*)

 

Ahmad Kholil