Selasa, 19 November 2019
22 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Raih Most Innovative Waqf Initiative 2019
Wahyu Avianto menyampaikan Wakaf Hasanah yang disediakan oleh BNI Syariah merupakan pendorong stakeholders, lembaga wakaf dan masyarakat untuk bersinergi membangun kemandirian ekonomi umat melalui fundraising wakaf.

Sharianews.com, Cambridge ~ BNI Syariah terus melakukan inovasi digital, salah satunya melalui platform Wakaf Hasanah. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diperoleh BNI Syariah di acara The Islamic Retail Banking Award (IRBA) 2019 sebagai Most Innovative Islamic Retail Bank in Waqf Initiative 2019 dari Cambridge International Financial Advisory di Muscat, Oman, 4 November 2019 waktu setempat.

Dalam kesempatan terpisah Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto menyampaikan Wakaf Hasanah yang disediakan oleh BNI Syariah merupakan pendorong stakeholders, lembaga wakaf dan masyarakat untuk bersinergi membangun kemandirian ekonomi umat melalui fundraising wakaf.

“Dengan wakaf, terdapat manfaat yang mengalir, memompa produktivitas, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Hal ini sesuai dengan komitmen kami sebagai Hasanah Banking Partner, yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way),” kata Wahyu, dalam keterangannnya kepada Sharianews.com (6/11).

BNI Syariah sebagai Lembaga Keuangan Penerima Wakaf Uang  (LKS PWU) telah menjalankan perannya sejak tahun 2008. BNI Syariah menyediakan Platform Digital Wakaf Hasanah untuk mempermudah wakif berwakaf dan mempermudah nazhir menghimpun dana wakaf.

Platform Wakaf Hasanah adalah program wakaf melalui uang untuk project wakaf yang dapat diakses wakif melalui website dan aplikasi Wakaf Hasanah dengan pembayaran melalui transfer ke rekening Virtual Account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui wakaf hasanah akan didistribusikan kepada nazir dengan proyek yang sudah wakif pilih.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, dana yang terhimpun melalui aplikasi Wakaf Hasanah website wakafhasanah.bnisyariah.co.id sebesar Rp7,6 miliar bekerjasama dengan 24 nadzhir / pengelola wakaf. Di antara 53 project wakaf ini ada diantaranya adalah wakaf pembebasan lahan Daarut Tauhid; Lumbung Ternak Masyarakat; dan Cash Waqf Linked Sukuk.

BNI Syariah juga berpartisipasi pada project wakaf pembangunan RS AKA Medika Sribhawono dengan jumlah wakaf Rp3,13 miliar. Proyek wakaf tersebut merupakan kerja sama BNI Syariah dengan Dompet Dhuafa yang saat ini progress pendanaannya sudah selesai.

Rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan berupa pelayanan umum (berbayar) kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Lampung Timur. RS AKA MEDIKA menjadi Rumah Sakit mitra pemerintah yang melayani peserta BPJS. Profit yang dihasilkan akan didedikasikan untuk subsidi pembiayaan pasien kurang mampu dan rawat jalan dengan mekanisme keanggotaan.

Website dan Aplikasi Wakaf Hasanah Merupakan layanan digital yang memfasilitasi masyarakat yang ingin mewakafkan harta benda miliknya secara produktif melalui nazir (pengelola wakaf) yang telah bekerjasama dengan BNI Syariah untuk kepentingan umat sesuai dengan prinsip syariah.(*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo