Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ekbis / BNI Syariah Gelar Pameran Haji dan Umrah Terbesar di Indonesia 2018
FOTO | Dok. Istimewa
Untuk mendukung pengembangan bisnis haji dan umrah serta perjalanan wisata halal di Indonesia, BNI Syariah menggelar BNI Syariah International Islamic Expo 2018.

Sharianews.com, Jakarta. Antusiasme masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah umrah, haji, dan perjalanan wisata ke berbagai negara muslim dan tidak sedikitnya masalah yang dialami oleh masyarakat saat menjalankan ibadah  tersebut, menjadi latar bekalang bagi BNI Syariah bersama Alia Convex untuk menggelar pameran haji dan umrah terbesar di Indonesia.

Direktur Bisnis Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati mengatakan, even pameran travel haji dan umrah bertajuk, BNI Syariah International Islamic Expo 2018  ini akan digelar pada 21–23 September 2018 di Assembly Hall Jakarta Convention Centre.

Dhias Widhiati mengatakan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa Indonesia adalah negara berpenduduk  mayoritas muslim dengan jumlah kuota haji terbesar di dunia, yaitu mencapai 221.000 jamaah. Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah jamaah umrah terbesar kedua di dunia.

Dengan begitu tentu ada banyak masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat muslim saat mereka menjalankan ibadah haji, umrah, maupun perjalana wisata ke negara-negara tujuan.   

Fakta tersebut, menjadi hal penting yang mendasari keingingan BNI Syariah untuk menggelar pameran travel haji dan umrah terbesar di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendukung pengembangan bisnis haji dan umrah di Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam beribadah haji, umrah serta perjalanan wisata halal.

Ajang pertemuan para stakeholder haji dan umrah

“Dengan terselenggaranya BNI Syariah International Islamic Expo 2018, kami berharap dapat mempertemukan para stakeholders dari negara-negara tujuan wisata Muslim di dalam satu kegiatan pameran yang bertaraf internasional serta mengedukasi masyarakat mengenai perjalanan haji dan umroh,” ujar Dhias Widhiyati.

Lebih lanjut Dhias Widhiyati menjelaskan, BNI Syariah International Islamic Expo 2018 merupakan gelaran pameran travel haji dan umroh terbesar di Indonesia yang diikuti oleh 140 tenant supply chain yang menyokong kegiatan haji dan umroh, yang membentuk halal ecosystem, baik dari dalam maupun luar negeri.

Acara ini juga direncanakan diikuti 58 perusahaan internasional yang bergerak di bidang haji dan umroh (penyedia jasa hotel, transportasi, visa, catering dan telekomunikasi), 25 perusahaan penyelenggara resmi perjalanan umrah dan haji khusus.

Selain itu juga akan diikuti oleh 35 perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam bidang makanan minuman halal, kosmetik dan fashion untuk menunjang Indonesia sebagai tujuan wisata halal dunia, serta 22 perwakilan internasional yang terdiri dari maskapai penerbangan, perwakilan negara-negara sahabat dari tujuan wisata halal yang datang dari negara-negara di Timur Tengah, Central Asia, Eropa dan Asia.

BNI Syariah International Islamic Expo 2018 akan dihadiri oleh para stakeholders baik dari dalam maupun luar negeri dengan sasaran utama dari negara-negara Timur Tengah, ASEAN, dan Eropa.

Selain itu juga akan dihadiri oleh Negara-negara dari Central Asia, yang meliputi Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Jordania, Mesir, Turki, Syria, Palestina, Uzbekistan, China, Korea, Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, serta kedutaan negara-negara sahabat yang memiliki tujuan wisata Muslim, dengan program wisata halal yang didukung oleh anggota Asosiasi-Asosiasi di bidang pariwisata, baik dari kawasan ASEAN, Central Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Kampanye Indonesia berhaji

Dalam event International Islamic Expo, BNI Syariah akan meluncurkan campaign  Indonesia Berhaji pada 21 September 2018, dimana BNI Syariah mengajak segenap masyarakat untuk mempersiapkan keberangkatan haji selagi muda, mengingat masa tunggu ibadah haji semakin panjang bahkan mencapai 30 tahun.

Selama pameran berlangsung juga akan diisi dengan berbagai pertunjukan bernuasa Islami oleh artis-artis Ibukota seperti Armand Maulana, Fatin Shidqia, Heidi Yunus, dan Indah Nevertari; juga talkshow dan seminar dengan tema-tema menarik bagi para profesional, pelaku bisnis, serta masyarakat umum. (*)

Ahmad Kholil