Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Fasilitasi Layanan Perbankan Syariah di NTB
Market share perbankan syariah menjadi sebesar 5,7 persen dibandingkan dengan bank umum konvensional secara nasional.

Sharianews.com, Jakarta ~ Sebagai bentuk perluasan literasi dan inklusi keuangan syariah di Wilayah Timur Indonesia, BNI Syariah bersama BNI dan Yayasan Hasanah Titik bersinergi memberikan bantuan gedung perpustakaan tiga lantai beserta fasilitasnya serta layanan payment point bagi Pesantren Modern Internasional (PMI) Dea Malela, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Abdullah Firman Wibowo, Direktur Utama BNI Syariah mengatakan pemberian bantuan gedung perpustakaan ini bertujuan untuk menciptakan santri dan santriwati Dea Malela yang religius, modern, berwawasan luas, serta memiliki kualitas intelektual dan spiritual dalam membangun agama, bangsa dan negara.

"Kami memandang ekosistem halal harus dibentuk melalui sinergi dengan berbagai elemen termasuk Pesantren yang memiliki potensi besar dalam aktivitas perbankan syariah,” jelas Firman,  dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

Sebagai Pesantren Modern, Firman menambahkan, tentunya memerlukan layanan perbankan syariah yang prudent, lengkap dan sesuai kebutuhan. Semoga sinergi ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah dan semakin mengkukuhkan NTB sebagai salah satu tujuan wisata halal dunia.

Sementara, Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dea Malela, Abdul Saat Abdullah menyampaikan menyambut baik sinergi dengan BNI Syariah, diharapkan dengan kerjasama ini dapat membangun dan mencetak generasi muda yang berakhlaq mulia dan bermartabat dengan ilmu agama yang baik.

Hadir dalam kesempatan ini Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo, Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dea Malela Abdul Saat Abdullah, serta Pimpinan PMI Dea Malela Dea Guru Ahmad Nahid.

Propinsi NTB juga merupakan Propinsi yang dikenal religius dan memiliki umat muslim yang terbesar di Wilayah Indonesia Timur sebesar 94,75 persen dari total penduduk sebesar 4,5 juta jiwa.

Besarnya jumlah penduduk muslim tersebut merupakan sumber daya dan potensi utama bagi pertumbuhan ekonomi di Propinsi NTB, khususnya potensi ekonomi syariah dan Industri Halal.

Terlebih lagi Lombok yang merupakan bagian wilayah NTB menjadi salah satu tujuan wisata halal dunia dan mendapat penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Dukungan Pemerintah Daerah terhadap ekonomi dan perbankan syariah juga ditunjukkan dengan mengkonversi Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah.

Berdasarkan statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan September 2018, secara Aset Bank Umum Syariah (BUS) Nasional, Bank NTB Syariah menduduki posisi ke delapan dan mendongkrak market share perbankan syariah menjadi sebesar 5,7 persen dibandingkan dengan bank umum konvensional secara nasional.

BNI Syariah turut ambil bagian dalam mendukung pertumbuhan ekosistem halal di NTB melalui kerjasama perbankan syariah dengan PMI Dea Malela sejak tahun 2017.

Diantaranya payment point PMI Dea Malela untuk melayani kebutuhan pembayaran biaya pendidikan, pembukaan rekening tabungan syariah dan layanan perbankan lainnya, seperti pembiayaan konsumtif untuk pegawai dan pendidik yaitu pembiayaan pembelian rumah atau kendaraan, multiguna, maupun pembiayaan tanpa agunan (flexi) dan kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), fasilitas tabungan haji dan umroh, serta menjadi Bank Operasional dan Bank Persepsi (Cash Management). (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo