Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Fasilitasi Civitas Akademika IIQ
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo dan Wakil Rektor II Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ), M. Dawud Arif Khan (foto: BNI Syariah)
IIQ merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dengan sistem perguruan tinggi yang  berorientasi mencetak ulama yang hafal Alquran, intelek, berwawasan luas dan ahli di bidang Ulumul Quran.

Sharianews.com, Jakarta ~ BNI Syariah jalin kerja sama mengenai pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah dengan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) untuk memberikan layanan lebih luas.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menyampaikan dalam kerja sama ini, BNI Syariah memfasilitasi civitas akademika IIQ dengan berbagai produk dan layanan perbankan syariah seperti payroll untuk dosen dan pegawai serta cash management.

Fasilitas itu didukung teknologi dan jaringan yang terintegrasi dengan BNI seperti e-banking, tapcash, Virtual Card Number, ATM, dan kantor cabang BNI yang melayani transaksi syariah (sharia channeling office/SCO).

Selain itu, BNI Syariah memiliki produk-produk unggulan yang dapat dimanfaatkan civitas akademika IIQ di antaranya pembiayaan konsumtif yaitu pembiayaan pembelian rumah atau kendaraan, kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), pembiayaan produktif yaitu pembiayaan untuk modal kerja, investasi, dan mikro, tabungan haji dan umroh, dan wakaf hasanah.

Penandatanganan nota kesepahaman dengan IIQ ini, ditandatangani oleh Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, dan Wakil Rektor II, M. Dawud Arif Khan yang dilakukan dalam kesempatan acara Islamic Finance Towards Industry 4.0: Millenials Role di Ruang Aula Institut Ilmu Al-Quran (IIQ), Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Turut hadir, Wakil Rektor I Nadjematul Faizah, Wakil Rektor II M. Dawud Arif Khan, Wakil Rektor III Romlah Widiati dan Dekan Fakultas Syariah Muzayyanah,

Selain itu, kerja sama antara BNI Syariah dan IIQ juga terjalin melalui Kerja Sama Pembiayaan Fleksi bagi manajemen, dosen, dan pegawai IIQ yang ditandatangani oleh Pemimpin BNI Syariah Cabang Fatmawati, Nirwan Purnama dan M. Dawud Arif Khan selaku Wakil Rektor II.

Melalui sinergi ini BNI Syariah berharap dapat menjadi mitra yang memberikan solusi bagi seluruh kebutuhan perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah.

BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, juga berkomitmen memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way).

Sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswi dalam upaya menebarkan ilmu Alquran dan Hadis, BNI Syariah memberikan beasiswa sebesar Rp50 juta kepada mahasiswi IIQ yang berprestasi.

Wakil Rektor I IIQ, Nadjematul Faizah mengatakan dengan kerja sama antara BNI Syariah dan IIQ diharapkan akan berjalan dengan baik.

 “Kami telah bermitra dengan BNI Syariah dalam transaksi perbankan syariah di IIQ, dan semoga sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik," ujar Faizah.

Terkait bermitra dengan IIQ, sejak tahun 2006, BNI Syariah telah bermitra untuk pembayaran biaya pendidikan bagi sekitar 1.900 mahasiswa/i.

IIQ merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dengan sistem perguruan tinggi yang  berorientasi mencetak ulama yang hafal Alquran, intelek, berwawasan luas dan ahli di bidang Ulumul Quran.

Keberadaan IIQ telah melahirkan qariah dan hafizah yang telah berprestasi di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional maupun internasional.

Mahasiswa yang tidak memiliki bakat sebagai qariah sekalipun tetap dapat mendalami ilmu Nagham dengan dua orientasi yaitu pengembangan seni tilawah disertai pemahaman akan kandungan Alquran dan Hadis yang dikemas dalam satu paket pendidikan bertujuan menghasilkan sarjana Alquran yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo