Rabu, 1 Februari 2023
11 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Dukung Penerapan Qonun Aceh
FOTO | Dok. Bni Syariah
Dengan kebijakan Qonun Aceh No. 8 Tahun 2014, diharapkan perbankan syariah dapat menjadi leader dalam pengembangan ekonomi syariah di kota Banda Aceh.

Sharianews.com, Aceh ~ BNI Syariah siap mendukung penerapan kebijakan Qonun Aceh, melalui dukungan jaringan dan layanan induk BNI yang telah disiapkan untuk melayani masyarakat Aceh.

Demikian disampaikan Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo. Lebih lanjut Abdullah menjelaskan, Pemerintah Daerah Aceh, berkomitmen untuk mendukung ekonomi dan perbankan syariah. Dukungan tersebut dituangkan dalam penerapan kebijakan Qonun Aceh No. 8 tahun 2014 yang menyatakan bahwa lembaga keuangan di Aceh harus berdasarkan prinsip syariah.

Karenanya, ke depan lembaga keuangan konvensional yang sudah beroperasi di Aceh harus membuka Unit Usaha Syariah. Selain itu, transaksi keuangan Pemerintahan Aceh dan Pemerintahan Kabupaten/Kota wajib melalui lembaga keuangan syariah.

“Kami sebagai Hasanah Banking Partner ingin bersinergi dengan seluruh stakeholders dalam membangun ekonomi syariah, khususnya di Kota Banda Aceh,” kata Abdullah menegaskan, di Aceh (13/12/2018).

Kehadiran BNI Syariah di Aceh, lanjut Abdullah telah diterima dengan baik oleh masyarakat kota Banda Aceh. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan kinerja BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh.

"Per Juni 2018, pertumbuhan aset sebesar 55 persen, Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 80 persen, dan pembiayaan sebesar 72 persen meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ujar Abdullah.

Semangat Baru Kembangkan Perbankan Syariah

Sementara itu, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan mengapresiasi apa yang dilakukan BNI Syariah, dukungannya memberikan semangat baru terhadap perkembangan perbankan syariah di Kota Banda Aceh.

“Peran perbankan syariah melalui dana dan pembiayaan sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Potensi perbankan syariah dari sisi aset, DPK dan pembiayaan yang semakin meningkat dan dengan adanya kebijakan Qonun Aceh diharapkan perbankan syariah dapat menjadi leader dalam pengembangan ekonomi syariah di kota Banda Aceh,” papar Aminullah. 

BNI Syariah dalam rangka mendukung literasi dan inklusi keuangan syariah, melaksanakan Hasanah Public Lecture dengan tema Hasanah Leadership yang disampaikan oleh Abdullah Firman di hadapan lebih dari 400 mahasiswa-mahasiswi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Acara dilaksanakan di Auditorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) (13/12/2018). Dihadiri oleh Wakil Rektor II, Unsyiah, Agus Sabti.

Ditengah kondisi tren VUCA (volatile, uncertain, complex, ambiguous), BNI Syariah mengajak kepada generasi muda untuk meneladani Rasulullah, SAW dengan menerapkan gaya hidup yang halal, sesuai dengan prinsip syariah.

Selain itu juga mengajak masyarakat untuk menjadikan hasanah way sebagai solusi ekonomi dan keuangan syariah melalui berbagai layanan dan produk perbankan syariah sejak lahir sampai usia dewasa di masa tua dan kehidupan di akhirat kelak.

Selain itu, sebagai wujud Hasanah, BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik juga memberikan bantuan sosial kepada Yayasan BFLF, Rumah Bermain bagi penderita Thalasemia Hemofilia dan Kanker serta Pondok Pesantren Dayah Mini yang diserahkan oleh Direktur Utama BNI Syariah kepada pimpinan yayasan dan pimpinan pondok pesantren. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil