Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / BNI Syariah Berharap Merger Tiga Bank Syariah Berikan Manfaat Dunia dan Akhirat
Foto dok. BNI Syariah
BNI Syariah memberikan dukungan penuh upaya pemerintah melakukan penggabungan bank syariah milik BUMN

Sharianews.com, Jakarta - PT Bank BNI Syariah menyambut baik langkah positif Pemerintah untuk menggabungkan atau merger ketiga bank syariah milik Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengatakan BNI Syariah berharap hasil bank merger ini nantinya mampu memperkuat ekonomi syariah dan memberikan kebermanfaatan dan kebaikan dunia maupun akhirat yang lebih luas bagi umat.

Penandatanganan Conditional Merger Agreement (CMA) dilakukan anggota Himbara selaku perusahaan induk ketiga bank syariah nasional yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Firman mengungkapkan BNI Syariah memberikan dukungan penuh upaya pemerintah melakukan penggabungan bank syariah milik BUMN serta siap bekerja sama dan bersinergi.

“Insyaallah, merger ini akan menghasilkan bank syariah yang lebih kuat, solid, dan terbesar di Indonesia. Sudah saatnya kita sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia memiliki bank syariah yang besar,” ujar Firman, dalam keterangan tertulisnya kepada Sharianews.com, Rabu (14/10).

Oleh karena itu, BNI Syariah siap bekerja sama, bergotong royong, untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia, bahkan di dunia.

Firman juga menambahkan bahwa hasil merger ini akan membantu mengembangkan industri halal yang menjadi new business dan new brand dengan potensi bisnis global mencapai Rp30 ribu triliun, mencakup halal food, modest fashion, halal media, halal tourism, halal healthcare, halal cosmetics, serta haji dan umrah.

“Kami berharap bank syariah hasil merger mampu mengoptimalkan potensi ekosistem halal, demi mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk-produk halal dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” pungkas Firman.

Rep. Aldiansyah Nurrahman