Sabtu, 16 Januari 2021
03 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Haji umrah / BKPM Bekukan Izin Tasheel Bila Ada Rekomendasi Pemerintah
FOTO | dok.romy.sharianews.com
BKPM bisa membekukan perizinan tertentu sepanjang ada rekomendasi dari pemerintah

Sharianews.com, Jakarta. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) siap membekukan izin Visa Facilitation Service (VFS) Tasheel apabila ada rekomendasi dari pemerintah.

"BKPM bisa membekukan perizinan tertentu sepanjang ada rekomendasi dari pemerintah," ujar Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM Yuliot saat rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, Senin (21/1).

Menurut Yuliot perizinan VFS Tasheel diperoleh perusahaan ini pada 2014 sebagai lanjutan kontrak kerja untuk melakukan pelayanan keimigrasian atau menerima mandat terkait rekam biometrik dari pemerintah Arab Saudi.

"Kemudian dari sisi perusahaan sendiri pada saat sudah merealisasikan kegiatan investasinya penyediaan infrastruktur segala macam baru mereka mendaftarkan tanda daftar usaha pariwisata di sesuai dengan regulasi yang ada berdasarkan klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia," katanya.

Izin yang diberikan BKPM ke Tasheel adalah untuk aktivitas biro perjalanan wisata. VFS Tasheel memulai beroperasi pada tanggal 17 Januari yang lalu dengan membuka kantor perwakilan sebanyak 35 titik untuk melakukan pelayanan rekam biometrik di seluruh Indonesia.

"Dari 35 titik layanan itu mereka sudah melakukan layanan terhadap 6.000 sampai dengan 9.000 untuk permohonan biometrik di seluruh Indonesia," katanya.

Yuliot mengatakan, untuk menindaklajuti pembekuan izin Tasheel, BKPM akan menggelar rapat bersama Kementerian Luar, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Imigrasi.

 

Reporter: Romy Syawal Editor: nazarudin