Minggu, 20 Oktober 2019
21 Ṣafar 1441 H
Home / Haji umrah / Biaya BPIH Masih Bisa Berubah, Masyarakat Diminta Bersabar
FOTO | dok.romy.sharianews.com
Menurut Menteri Agama biaya tersebut masih terus dibahas, didalami, dikaji dan dilihat secara seksama.

Sharianews.com, Jakarta. Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan progres dalam pembahasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 masih dalam pembahasan.

"Komisi panja VIII terus melakukan pembahasan bersama pemerintah dan mudah-mudahan tanggal 6 februari sesuai dengan jadwal mereka kita sudah bisa tetapkan berapa biaya ibadah haji tahun 2019," ujar Menag seusai mengisi acara rakernas kepada awak media, Jakarta, Rabu (23/1).

Dituturkan Menag, biaya tersebut masih terus dibahas, didalami, dikaji dan dilihat secara seksama.

"Oleh karena itu saya berharap, masyarakat sebaiknya menunggu, karena ini proses yang belom selesai masih berubah-rubah, sebaiknya kita bersabar," sambungnya.

Sebelumnya dikatakan Menag yang juga amirul hajj Indonesia, apabila laporan keuangan bisa digeber selesai lebih cepat, kita akan mendapatkan biaya haji lebih cepat.

"Semakin cepat kita bisa menyelesaikan laporan keuangan maka semakin cepat kita bisa membahas biaya haji tahun 2019 dengan DPR. Karena kita tidak bisa membahas biaya Haji 2019 sebelum DPR menerima laporan pelaksanaan Haji 2018. Kuncinya ada di kita. Apakah kita ingin cepat atau tidak," ujar Menag.

Dia menambahkan kuota haji Indonesia 2019 tetap sama dengan 2018 yakni sebanyak 221 ribu jemaah. Terdiri dari 204 ribu jemaah reguler, dan 17 ribu untuk haji khusus.

Dia menegaskan fokus pemerintah tidak pada penambahan kuota selama sarana dan prasarana Mina belum ditingkatkan dengan baik.

 

Reporter: Romy Syawal Editor: nazarudin