Minggu, 26 Mei 2019
22 Ramadan 1440 H
Home / Tren Bisnis / Berinvestasi Sudah Dianjurkan Sejak Zaman Nabi
FOTO / Dok.romy.sharianews.com
Ada empat jenis mimpi manusia, yaitu mimpi yang dapat diwujudkan kurang dari 1 tahun. Kedua, mimpi jangka menengah, yaitu mimpi yang dapat diwujudkan kurang dari 5 tahun. Ketiga, mimpi jangka panjang, yaitu mimpi yang akan diwujudkan dalam kurun waktu 10 tahun. Keempat, mimpi jangka yang sangat panjang, yaitu mimpi yang akan diwujudkan di masa datang.

Sharianews.com, Jakarta ~ Mengelola dana investasi secara syariah tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak pula masyarakat yang menjadikannya solusi menambah pemasukan secara pasif.

Namun, belum semua orang mengetahui bagaimana cara berinvestasi secara syariah di zaman now ini.

Andrean Malta, sebagai Business Alliances Invest Management mengatakan, investasi bukanlah sebuah produk baru, tetapi sudah ada sejak lama.

"Jadi yang namanya merencakan keuangan atau berinvestasi itu bukan merupakan produk modern, itu sudah dianjurkan sejak zaman nabi terdahulu," ujar Malta saat membuka acara Topi Diksi di kantor Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pusat, Jakarta, Kamis (28/2).

Seperti diriwayatkan oleh HR Muslim, sejak zaman nabi sudah ada yang namanya managemen sepertiga. Malta mencontohkan seperti seorang petani yang apabila panen dirinya tidak akan langsung menghabiskan seluruh hasil perekebunannya.

"Akan dipilah-pilah terlebih dahulu yang menjadi prioritas, sepertiga akan dikonsumsi untuk keluarga, sepertiganya lagi dia akan sedekahkan bagi orang yang membutuhkan dan sepertiganya lagi dia akan tanam kembali, dengan tujuannya agar nanti pada waktu masa penen, hasilnya akan lebih baik," terang pria berkacamata ini.

Yang paling penting adalah bagaimana merencanakan keuangan secara syariah.Malta juga mengungkapkan: sebagai umat, manusia yang mempunyai mimpi banyak, bahkan  tak terhingga.

"Ada empat jenis mimpi yang dapat dijalankan oleh teman-teman semua," sambung Malta.

Pertama, mimpi jangka pendek, yaitu mimpi yang dapat diwujudkan kurang dari 1 tahun. Kedua, mimpi jangka menengah, yaitu mimpi yang dapat diwujudkan kurang dari 5 tahun. Ketiga, mimpi jangka panjang, yaitu mimpi yang akan diwujudkan dalam kurun waktu 10 tahun. Keempat, mimpi jangka yang sangat panjang, yaitu mimpi yang akan diwujudkan di masa datang.

Sekedar informasi, acara Topi Diksi ini secara reguler diadakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) setiap bulannya dengan mengusung tema-tema menarik dan berbeda. Acara tersebut juga bebas dihadiri oleh masyarakat umum. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo