Minggu, 24 Januari 2021
11 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Ekbis / Berikan Sertifikasi Halal Gratis ke UMK, Pemerintah akan Jemput Bola
FOTO I Dok. Matabuana.co.id
Program yang akan disinergikan di antaranya wakaf, zakat hingga pemberian sertifikasi halal bagi jutaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Sharianews.com, Jakarta ~ Komite National Keuangan Syariah (KNKS) melakukan kunjungan ke Kementerian Agama. Audiensi kali pertama dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi ini merupakan langkah awal jelang pertemuan dengan segenap jajaran direksi KNKS bersama Menag.

Pada kesempatan tersebut, keduanya membahas berbagai program yang akan disinergikan di antaranya wakaf, zakat hingga pemberian sertifikasi halal bagi jutaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia.

"Untuk mendukung industri halal, kami akan memberikan sertifikasi halal bagi jutaan UMK di Indonesia secara gratis. Langkah yang kami tempuh adalah dengan menjemput bola ke pelaku UMK. Sertifikasi halal yang kami usung adalah, kepastian, kesederhanaan dan kecepatan dalam pengurusan sertifikasi," ungkap Fachrul, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/1).

Sementara itu, Direktur Hukum Promosi dan Hubungan Eksternal KNKS, Taufik Hidayat menjelaskan, KNKS merupakan lembaga yang berfungsi sebagai katalisator perkembangan keuangan syariah dalam skala nasional maupun internasional. KNKS diamanatkan untuk turut mendorong pengembangan ekonomi syariah.

Pembentukan KNKS ini didasarkan pada Keputusan Presiden No. 91/2016. Tugas utamanya, mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah Islam untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional.

"Pencanangan titik awal untuk memosisikan Indonesia sebagai salah satu pelaku utama dan hub ekonomi syariah dunia dilakukan seiring dengan peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada bulan Mei 2019," tutup Taufik.  (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: