Selasa, 20 Agustus 2019
19 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Lifestyle / Berbagi Masker, Dompet Dhuafa Ingatkan Hak Masyarakat akan Udara Bersih
FOTO I Dok. straitstimes.com
Memburuknya tingkat kualitas udara, membuat lembaga filantropi Dompet Dhuafa bergerak ke jalan untuk membagikan masker gratis N95 bagi pengendara bermotor di sekitar Pejaten Barat.

Sharianews.com, Jakarta ~ Berdasarkan data Air Visual dalam World AQI (Air Quality Index), Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat kualitas udara terburuk. Sedangkan wilayah Tangerang Selatan menjadi kota dengan kualitas udara terburuk pertama di Indonesia dengan nilai indeks 209 disusul Jakarta dengan nilai 192.

Memburuknya tingkat kualitas udara, membuat lembaga filantropi Dompet Dhuafa bergerak ke jalan untuk membagikan masker gratis N95 bagi pengendara bermotor di sekitar Pejaten Barat, Jakarta Selatan usai menggelar diskusi publik polusi di Jakarta.

Haryo Majapahit, Manajer Advokasi Dompet Dhuafa menyebutkan, dipilihnya Pejaten Barat karena termasuk wilayah terparah di DKI Jakarta yang memiliki kualitas udara buruk. Yakni menempati posisi kedua setelah Pegadungan dengan nilai AQI 190 (unhealthy). Haryo bersama tim Dompet Dhuafa membagikan sekitar 100 buah masker.

“Kira-kira kami membagikan 100 masker, ini gerakan kami peduli terhadap masyarakat yang terpapar polusi udara,” ujar Haryo beberapa waktu lalu.

Masker yang dibagikan merupakan masker dengan kualitas tinggi atau dikenal dengan masker N95. Berbeda dengan biasanya, masker ini mampu menyaring partikel hingga berukuran 95 mikron.

Gerakan tersebut bukanlah menjadi gerakan pertama dan terakhir. Sebelumnya, gerakan serupa telah dilakukan di beberapa titik berbeda di wilayah Jakarta. Hal tersebut sesuai yang diungkap Syamsul Ardiansyah, Manajer Lingkungan Hidup Dompet Dhuafa.

“Kemungkinan waktu CFD nanti kita akan bagi-bagi masker gratis juga,” ungkap Syamsul.

Meskipun tidak sepenuhnya bisa menjadi solusi, penggunaan masker bisa membantu menyaring udara sebelum masuk ke dalam paru-paru.

Dengan mengampanyekan tagar #jangantakutbernapas, Dompet Dhuafa mengingatkan, bahwa masyarakat di ibu kota Jakarta juga memiliki hak untuk menghirup udara bersih. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo