Kamis, 18 Juli 2019
16 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Lifestyle / Begini Cara Cantik Alami Ala Muslimah
Muslimah (Dok/Foto Manifestingmuslimah)
Untuk itu, muslimah sejati senantiasa berproses memperbaiki hati, agar aura positif selalu terpancar dari dalam dirinya.

Sharianews.com, Bagi perempuan, cantik adalah fitrah yang harus dijaga. Akan tetapi untuk menjadi perempuan muslimah, tidak cukup hanya cantik dari luar saja. Kecantikan luar atau fisik tidak akan utuh tanpa didampingi cantik dari dalam atau biasa disebut dengan inner beauty.

Inner beauty, akan terpancar apabila akhlak seorang muslimah itu baik. Termasuk caranya menjaga ibadah, yang tanpa disadari akan memengaruhi cantik fisiknya. Untuk itu, muslimah sejati senantiasa berproses memperbaiki hati, agar aura positif selalu terpancar dari dalam dirinya. Berikut adalah tips cantik ala muslimah.

Menjaga Wudhu dan Salat

Sebelum melaksanakan salat, tentunya akan berwudhu terlebih dahulu, paling sedikit lima kali sehari (semakin banyak salat sunah, semakin baik). Proses berwudhu itulah yang secara langsung membersihkan tubuh dari kotoran secara rutin. Menurut penelitian, basuhan air wudhu dapat menjadikan cantik alami, awet muda, dan tampak bersih, bahkan dapat membersihkan sel-sel kulit mati sehingga terhindar dari kanker kulit.

Sisi lain ketika seseorang menjaga ibadah, dalam hal ini salat, maka akan membentuk karakter disiplin. Berkat kedisiplinan-lah seseorang akan menjadi tegas terhadap dirinya sendiri, sehingga memanfaatkan hidupnya hanya untuk hal bermanfaat. Dengan begitu, muslimah yang berkarakter disiplin akan memancarkan nilai lebih bagi dirinya.

Sholat Sunah di sepertiga malam

Dalam beberapa hadis mengatakan, seseorang yang rajin bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan qiyamul layl atau ibadah malam, maka wajahnya akan bersinar sepanjang hari. Sehingga muslimah yang sudah terbiasa bangun malam untuk salat, wajahnya akan senantiasa memancar yang merupakan representasi dari hati.

Menjaga Penampilan, Prilaku Dan Tutur Kata

Perempuan cantik, biasanya identik dengan perawatan. Baik perawatan wajah, pakaian, dan lainnya. Perlu diingat, bahwa pada dasarnya, muslimah apabila merawat diri tidak untuk memamerkan kecantikannya, melainkan sebagai bentuk syukur serta agar tidak menimbulkan keresahan akibat dirinya. Seperti halnya bau badan atau pakaian yang lembab.   

Kemudian menjaga prilaku dan tutur kata yang baik merupakan salah satu yang harus dijaga oleh perempuan, sebab prilaku dan ucapan yang dikeluarkan seseorang mencerminakan dirinya sendiri. Bertutur kata yang halus, lembut dan tidak menyakitkan perasaan orang lain menjadikan perempuan lebih dihargai.

Berpuasa sunah

Baik puasa wajib maupun sunah, ternyata dapat mempercantik tubuh seseorang. Dengan berpuasa, maka sel-sel tubuh akan mengalami regenerasi atau peremajaan. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih segar, dan awet muda. Selain itu dengan pola yang benar, akan membentuk tubuh yang ideal.

Menjaga Kehormatanya Dirinya

Berbagai kasus salah pergaulan, tidaklah jarang diberitakan media. Begitulah kondisi pergaulan zaman sekarang yang semakin menjauh dari nilai agama. Terlepasnya control dalam diri seseorang dapat membawa pada perbuatan maksiat.

Untuk itu, menjadi perempuan cantik saja tidak cukup. Tetapi dengan menjaga kehormatan sebagai seorang perempuan muslimah, maka disitulah letak harga diri dan kecantikannya. Bukan berarti membatasi pergaulan, hanya saja harus menjadi pandai dalam bergaul dalam rangka bersosialisasi dan menambah pahala bagi dirinya sendiri

Berwawasan Luas

Tidak hanya kecantikan fisik, keluasan akal dan wawasan juga serta merta menjadi bagian yang melengkapi cantiknya muslimah. Oleh karenanya, carilah wawasan sebanyak-banyaknya agar tidak menjadi muslimah yang mudah dibodohi orang lain, bahkan dengan wawasan tersebut diharapkan dapat mengajarkannya pada orang lain. Terlebih perempuan merupakan pendidik sebuah generasi, baik atau tidaknya terletak di tangan perempuan.

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Munir Abdillah

Tags: