Selasa, 23 April 2019
18 Sha‘ban 1440 H
FOTO I Dok. suaramuslim.net
"Hal ini sesuai dengan syariat zakat yang melengkapi program penanggulangan kemiskinan dengan memberikan dakwah bagi para penerima manfaat," sambung Bambang.

Sharianews.com, Jakarta ~ Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara pemutaran perdana (premiere) film kemanusiaan “Iman di Pangkuan Sang Fakir” di Theater 1 Bioskop XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Rabu (6/2).

Melalui film ini, Baznas ingin menggugah semangat masyarakat untuk peduli dengan kondisi kemiskinan yang nyata di lingkungan sekitarnya.

Ketua Baznas RI, Bambang Sudibyo mengatakan, zakat bukan hanya soal pemberian bantuan, tetapi yang lebih penting ialah bagaimana rasa kepedulian terhadap kesulitan sesama ini terus dipupuk.

Sebab kemiskinan yang melanda sebagian masyarakat di negeri ini memang mengkhawatirkan, tetapi yang sesungguhnya lebih mengkhawatirkan ialah punahnya rasa kepedulian dari si mampu.

“Karena ia Baznas terus mengampanyekan ajakan kebaikan, terus mengajak peran aktif masyarakat dalam permasalahan nyata yang terjadi di sekitar lingkungan mereka,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, kemiskinan bukan hanya membutuhkan penanganan secara material, tetapi juga memerlukan solusi spiritual untuk mendampingi pembangunan manusianya.

"Hal ini sesuai dengan syariat zakat yang melengkapi program penanggulangan kemiskinan dengan memberikan dakwah bagi para penerima manfaat," sambung Bambang.

Sementara Produser film, Maizidah Salas berharap film ini dapat mengingatkan masyarakat kembali untuk tak abai dalam lingkungan kehidupannya.

“Kita perlu terus menanam rasa kepedulian di dalam hati dan menularkannya kepada lingkungan. Sebab banyak hal yang dapat membuat rasa kepedulian itu menjadi terkikis,” kata Maizidah. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo