Senin, 13 Juli 2020
23 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Ziswaf / Bantu Entaskan Kemiskinan, YBM PLN Bagi Tiga Golongan Orang Miskin
Tiga kelompok tersebut adalah orang miskin pasrah, orang miskin berpotensi, dan orang berpotensi miskin.

Sharianews.com, Jakarta ~ Dalam upaya membantu pengentasan kemiskinan, Yayasan Baitul Maal (YBM) milik PLN, membuat program bantuan menjadi tiga golongan orang miskin agar bantuan yang disalurkan bisa lebih optimal.

Deputi Direktur YBM PLN, Salman Al-Farisi mamaparkan, tiga kelompok tersebut adalah orang miskin pasrah, orang miskin berpotensi, dan orang berpotensi miskin.

Baca juga: "Niat Baik Sinergi Bersama" YBM PLN Luncurkan Gerakan Pendidikan Pesisir Bermartabat

Orang miskin pasrah adalah orang diberikan bantuan langsung atau charity. Kelompok ini adalah orang-orang yang memang sudah berusia lanjut dan punya keterbatasan fisik.

“Kami bantu, orang miskin pasrah itu bukan diberikan modal ekonomi. Kami bantu dengan bantuan langsung,” jelas Salman, saat ditemui Sharianews.com seusai acara talk show dan peluncuran Gerakan Pendidikan Pesisir Bermartabat yang digagas Niat Baik Sinergi (NBS) Foundation bersama YBM PLN, di Jakarta, Kamis (9/1).

Sementara itu, sebutan untuk kelompok orang miskin yang berpotensi adalah orang-orang di usia produktif dan anak-anak usia sekolah. Oleh YBM PLN kelompok tersebut diberikan modal usaha dan pendidikan.

“Untuk modal usaha caranya dibantu sedia alat kerja agar mereka bisa mandiri, bukan hanya sekadar diberikan makanan hidangan, tapi alat kerja untuk mereka bisa mencari hidangan selanjutnya,” tutur Salman.

Yang ketiga adalah kelompok orang berpotensi miskin. Salman menjelaskan, kelompok orang berpotensi miskin yang paling mudah adalah orang yang terkena bencana. Mereka adalah orang-orang yang tingggalnya di daerah kritis rawan bencana.

“Orang-orang yang berpotensi miskin ketika bencana terjadi itu sekejap hilang (hartanya), mereka yang tidak miskisn jadi miskin,” ujar Salman.

Kelompok berpotensi miskin diberikan bantuan darurat. Seperti bencanca banjir yang sedang terjadi saat ini. Itu adalah salah satu contoh golongan orang-orang yang berpotensi miskin. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo