Minggu, 25 Oktober 2020
09 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / Bank Wakaf Mikro Kembangkan BWM Mobile dan Marketplace
Foto dok. Pexels
OJK menyiapkan digitalisasi Bank Wakaf Mikro

Sharianews.com, Jakarta - Bank Wakaf Mikro (BWM) sangat terdampak pandemi Covid-19, terlebih dengan adanya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Merespon hal itu, Advisor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Perluasan Market Akses Ahmad Buchori mengatakan ke depan OJK menyiapkan digitalisasi BWM termasuk digitalisasi operasional, pembiayaan, pengembangan usaha nasabah.

“Ada fitur BWM mobile, jadi mereka tidak harus transaksi cash tapi hanya menggunakan handphone bisa dengan aplikasi BWM mobile,” jelasnya menegaskan, baru-baru ini.

OJK juga kembangkan marketplace yang dinamakan BWMbumdes.com memiliki keunggulan mendukung BWM dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam mendorong usaha mikro.

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) yang terdaftar dan diawasi OJK dengan tujuan menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada keuangan formal serta berperan untuk memberdayakan komunitas di sekitar pesantren dengan pola pendampingan.

Sumber dana BWM dari donatur baik itu perusahaan dan individu dalam bentuk wakaf, infak dan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Dana itu diperlukan untuk pendirian, pengelolaan program dan pendampingan. Setelah mendapat izin usaha maka BWM mulai memberikan pembiayaan kepada usaha mikro sekitar pondok pesantren.

Rep. Aldiansyah Nurrahman