Sabtu, 20 Juli 2019
18 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Global / Bank Tersbesar Rusia, Sberbank akan Akuisisi Saham PayZakat
FOTO I Dok. salaam gateway
Platform PayZakat memungkinkan penggunanya untuk menghitung jumlah donasi dan bisa menyalurkannya ke badan amal pilihan mereka.

Sharianews.com, Bank terbesar Rusia, Sberbank akan mengakuisisi 25 persen platform PayZakat, sebuah platform yang mengumpulkan donasi untuk Muslim yang membutuhkan.

Platform PayZakat memungkinkan penggunanya untuk menghitung jumlah donasi dan bisa menyalurkannya ke badan amal pilihan mereka.

Chatbots atau program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia-baik secara audio maupun teks, diintegrasikan ke jejaring sosial, membantu proses dan menyediakan pembaruan status donasi.

Menukil dari Themoscowtimes, PayZakat adalah perusahaan baru yang memenangkan kompetisi akselerator perusahaan Sberbank. Sberbank melihat besarnya potensi global dan universal untuk platform PayZakat. Zakat sendiri berdasarkan data global bisa mencapai 500 miliar dolar AS.

Pada 2017, Sberbank mempertimbangkan untuk mendirikan unit keuangan syariah dan mengusulkan perubahan regulasi yang akan memungkinkan menjalankan sesuai dengan syariah di Rusia. Ada sekitar 20 juta Muslim dari total populasi penduduk Rusia yang mencapai 145 jiwa.

Sberbank berada di garis terdepan dalam pengembangan dunia digital Rusia, setelah mengadopsi strategi digital yang ambisius, Sberbank bersiap untuk meluncurkan ekosistem digital Sber dalam jangka pendek hingga menengah.

Bank ini bekerja sama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin terkait pengembangan AI, yang mengarah pada pembentukan dana investasi AI 2 miliar dolar AS oleh Dana Investasi Langsung Rusia. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo